Minggu | 26 September 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Antisipasi Karlahut, Koramil Bengkalis Giat Patroli dan Sosialisasi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Babinsa Resam Lapis, Koramil 01/Bengkalis, Kodim 0303/Bengkalis, Serda Armansyah, giat patroli dan sosialisasi terkait kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Wilayah Desa Resam Lapis, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Minggu, 15 Agustus 2021.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan bersama warga tempatan dalam rangka mengantisipasi serta mencegah terjadinya karlahut.

“Patroli ini untuk memantau kawasan lahan dan hutan dari kemungkinan adanya titik api (hot spot) atau tanda-tanda berbahaya lainnya yang dapat mengakibatkan karlahut. Ini sebagai upaya antisipasi dan pencegahan,” ujar Armansyah.

Selanjutnya Armansyah menjelaskan bahwa membuka lahan dengan cara membakar juga sangat tidak dianjurkan bahkan dilarang pemerintah karena dapat mengakibatkan karlahut.

“Jangan pernah buka lahan dengan membakar, di samping dapat mengakibatkan kebakaran, juga ada sanksi hukumnya,” paparnya.

Maka dari itu, lanjutnya, kerja sama dan koordinasi yang baik dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi dan mencegah karlahut. Jika menemukan titik api atau oknum maupun pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang melakukan pembakaran lahan, segera laporkan kepada pihak berwenang.

“Mudah-mudahan para pihak dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi sehingga karlahut dapat dicegah,” pungkasnya.

Pelaksanaan patroli berjalan lancar, aman dan kondusif. Selama patroli berlangsung, tidak ditemukan adanya titik api (hot spot) penyebab kebakaran. (juny)