Senin | 20 September 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Bersama Tim Gabungan, Koramil Minas Giat Patroli

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak – Babinsa Koramil 09/Minas, Kodim 0303/Bengkalis, Serda Sugiarto, melaksanakan patroli kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Kampung Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Kamis, 12 Agustus 2021.

Kegiatan dilakukan bersama Tim Gabungan dari Bhabinkamtibmas, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan warga tempatan dalam rangka memantau keadaan lahan dan hutan yang rawan kebakaran.

“Patroli ini untuk memantau hot spot (titik api) di kawasan lahan dan hutan serta gejala atau tanda-tanda berbahaya yang dapat mengakibatkan karlahut. Ini merupakan upaya pencegahan,” ujar Sugiarto.

Sugiarto berharap agar semua masyarakat dan para pihak pemanfaat lahan lainnya untuk saling bekerja sama dan meningkatkan koordinasi terkait karlahut.

“Karlahut dapat dicegah jika semua pihak saling bekerja sama bahu membahu menjaga kelestarian lahan dan hutan dengan tidak membuka lahan dengan membakar, serta melaporkan jika menemukan pihak-pihak atau oknum yang membakar lahan dan hutan,” papar Sugiarto.

Ia juga mengingatkan bahwa membakar lahan dan hutan di samping dapat mengakibatkan kebakaran, juga ada sanksi hukumnya. Maka itu jangan buka lahan dengan membakar.

“Mudah-mudahan kesadaran semua pihak akan semakin meningkat demi mencegah terjadinya karlahut,” pungkasnya. (juny)