Senin | 20 September 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Cara Buang Air Kecil yang Salah Bisa Berakibat Sangat Buruk Bagi Kesehatan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Aktivitas buang air kecil sebenarnya adalah kebutuhan yang tidak bisa dianggap remeh dalam hidup ini.

Jika buang air kecil secara asal-asalan, khususnya bagi para pria, maka Anda harus hati-hati, sebab ini bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan.

Ahli farmasi dari Pharmica, Carolina Goncalves menyebut, ada tiga kesalahan yang biasa dilakukan para pria sewaktu buang air kecil yang bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan.

Ada tiga kesalahan yang dilakukan pria sewaktu buang air kecil yang bisa menyebabkan penyakit serius tersebut.

Sering menahan buang air kecil

Carolina Goncalves mengatakan, pria yang suka dan sering menahan membuang air kecil sangatlah berbahaya. Bukan hanya bisa menyebabkan batu ginjal, tetapi juga dapat menyebabkan pria jadi ngompol.

“Kantung kemih yang dipaksakan untuk melonggar bisa menyebabkan berbagai komplikasi,” ucap Carolina Goncalves seperti dilansir PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari laman Express,

Buang air kecil setengah-setengah

Buang air kecil setengah-setengah atau tidak sampai tuntas, itu juga sangat berbahaya untuk kesehatan para pria.

“Mungkin saja Anda memang sedang terburu-buru tapi sangat penting untuk memastikan bahwa Anda sudah benar-benar mengosongkan kantung kemih Anda,” jelas Carolina Goncalves.

Apabila Anda terburu-buru karena kesulitan mengosongkan kantung kemih, bisa jadi hal itu terjadi lantaran pelebaran prostat. Pelebaran prostat sendiri sangat wajar ditemukan pada para pria yang sudah berumur.

Buang air kecil terlalu sering

Nah, ternyata keseringan buang air kecil juga merupakan tanda dari kesehatan yang sudah menurun.

Menurut National Health Service (NHS), ada beberapa tipe inkontinensia urine atau keadaan di mana seseorang sulit menahan rasa ingin buang air kecil. Ada inkontinensia urine yang disebabkan karena kantung kemih tertekan seperti ketika batuk atau tertawa.

Kemudian disebabkan karena rasa ingin buang air kecil secara tiba-tiba.

Dua tipe terakhir yaitu kesulitan mengosongkan kantung kemih hingga jadi mengompol dan inkontinensia total di mana urin sama sekali tidak bisa ditampung oleh kantung kemih.

Hal ini bisa menyebabkan urin yang diproduksi langsung dikeluarkan tubuh begitu saja. Jika sudah begini, maka yang bisa dilakukan untuk mengatasi ‘kendornya’ kantung kemih adalah dengan menjalani pengobatan.

Itulah tiga kesalahan utama yang sering dilakukan para pria sewaktu buang air kecil dan tanpa disadari bisa sebabkan penyakit berbahaya. (***)