Senin | 04 Juli 2022 |
×

Pencarian

OLAHRAGA

Kalahkan Villarreal, Chelsea Raih Trofi Piala Super Eropa

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Setelah mengalahkan Villarreal dalam adu penalti, Chelsea berhasil meraih trofi Piala Super Eropa

Penjaga gawang Kepa Arrizabalaga yang masuk menggantikan Edouard Mendy pada akhir babak tambahan menjadi pahlawan kemenangan The Blues.

Kepa sukses menggagalkan dua eksekusi pemain Villarrreal, Aissa Mandi dan Raul Albiol, saat adu penalti.

Chelsea pun berhasil meraih kemenangan dengan skor 6-5.

Manajer Thomas Tuchel menyatakan keputusannya menggantikan Mendy dengan Kepa bukan sebuah kebetulan.

Tuchel menyatakan telah menyiapkan skenario itu sejak musim lalu, tepatnya pada laga babak 16 besar Piala FA kontra Barnsley Februari.

Menurut dia, kedua penjaga gawang juga sudah mengetahui bahwa Kepa akan menjadi pilihan utamanya ketika harus menghadapi adu tendangan penalti.

“Pergantian Mendy dengan Kepa bukan sesuatu yang spontan. Kami berbicara soal ini dengan mereka sejak hari pertama saya datang ke sini dan laga Piala FA melawan Barnsley,” kata Tuchel mengutip tempo.co.

Kami memiliki beberapa data statistik dan persiapan yang sangat bagus serta persentasi lebih baik dalam menyelamatkan tendangan penalti, ujarnya.

“Tim analis dan pelatih penjaga gawang menunjukkannya kepada saya. Memperlihatkan data dan kami berbicara dengan kedua pemain bahwa hal ini bisa terjadi jika kami bermain di babak gugur. Dan sejak saat itu mereka telah mengetahuinya,” lanjutnya lagi.

Tuchel pun menyatakan sangat senang karena Edouard Mendy menerima hal itu dengan lapang dada. Menurut dia, mereka akan melakukan segala hal demi meraih kemenangan untuk tim.

Setelah memenangkan Piala Super Eropa, Chelsea akan menghadapi Crystal Palace pada pekan pertama Liga Inggris musim 2021-2022 Sabtu besok.

Sementara Villarreal akan menghadapi Granada pada laga pembuka Liga Spanyol Selasa pekan depan. (***)