Senin | 20 September 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Koramil Kandis Giat Patroli dan Sosialisasi Terkait Karlahut

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak – Babinsa Libo Jaya, Koramil 11/Pwk Kandis, Kodim 0303/Bengkalis, Serda Bosur Siregar, melaksanakan patroli dan sosialisasi terkait kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Wilayah Kampung Libo Jaya, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Rabu, 25 Agustus 2021.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan bersama warga tempatan dalam rangka menjaga kelestarian lahan dan hutan dari kebakaran.

“Kegiatan ini merupakan upaya kami dalam menjaga kelestarian alam terutama lahan dan hutan dari kebakaran,” ujar Bosur Siregar.

Selanjutnya Bosur Siregar mengatakan bahwa bersama warga tempatan, pihaknya melakukan pemantauan di kawasan lahan dan hutan yang rawan kebakaran terhadap kemungkinan adanya hot spot (titik api) penyebab karlahut. Jika ada, akan segera ditindak lanjuti.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan kepada masyarakat agar tidak membakar terutama di atas lahan Gambut.

“Jangan bakar lahan dan hutan, apalagi di atas lahan Gambut, sangat beresiko kebakaran yang sulit terkendali. Pelakunya dapat dikenakan sanksi pidana dan denda. Maka itu, jangan lakukan,” ungkap Bosur Siregar.

Lebih lanjut Bosur Siregar mengatakan, hendaknya semua masyarakat meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan instansi terkait, baik Pemerintahan Kampung Libo Jaya maupun Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan lain sebagainya dalam upaya pencegahan karlahut tersebut.

“Mari kita jalin kerja sama dan tingkatkan koordinasi untuk bersama-sama mencegah kalahut demi masa depan anak bangsa,” pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung tertib dan terkendali. Selama kegiatan berlangsung, selama kegiatan berlangsung, keadaan lahan dan hutan aman dan kondusif. (juny)