Senin | 20 September 2021 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Mengenang Jenderal Sudirman di Hari Kemerdekaan Indonesia

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Dalam momen Hari Kemerdekaan, banyak sosok pahlawan kerap disebut-sebut dinilai berjasa dalam upaya perebutan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Panglima TNI pertama Jenderal Sudirman merupakan salah seorang pahlawan dari sekian banyak para pahlawan tanah air yang jasa-jasanya sangat dikenang dalam memperjuangkan kemerdekan Indonesia.

Dikutip dari situs Perpusnas, Jenderal Sudirman termasuk pahlawan yang memperoleh pangkat bintang lima, menyusul Soeharto dan AH Nasution.

Sosok sederhana kelahiran Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916 tersebut memiliki latar belakang sebagai seorang priyayi.

Ia lahir dari pasangan Karsid Kartawiuraji dan ibunya Siyem. Kemampuan Sudirman dalam memimpin serta ketaatannya dalam agama menjadikan ia begitu dihormati oleh masyarakat.

Di usianya yang masih berumur 31 tahun, ia sudah diangkat menjadi seorang Jenderal dan berjuang melawan penjajah Belanda.

Sudirman konsisten dan konsekuen dalam membela tanah air, khususnya pada masa Agresi Militer II Belanda.

Dalam masa perjuangannya, Sudirman menderita sakit paru-paru yang cukup serius, namun demikian ia tetap gigih dalam usahanya merebut kemerdekaan. (dodi)