Minggu | 19 September 2021 |
×

Pencarian

TEKNOLOGI

Mulai Oktober Disney Tutup 18 Channel TV Kabel di Asia Tenggara, Termasuk di Indonesia

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – The Walt Disney Company atau Disney berencana menutup sebanyak 18 channel (saluran) TV kabel di Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan Hong Kong mulai 1 Oktober 2021.

Gergasi media massa dan hiburan multinasional asal Amerika Serikat (AS) ini nantinya akan menekankan layanan streaming langsung ke konsumen lewat Disney Plus.

Melansir dari Variety, dan dikutip dari sindonews.com 18 saluran TV kabel yang akan ditutup baru bergabung sebagai bagian akuisisi Disney atas 21st Century Fox, yang usia channel tersebut masih belum mencapai tiga tahun.

Keputusan itu juga merupakan bagian dari upaya Disney untuk berporos menuju model pertama D2C (direct to consumer) dan semakin mengembangkan layanan streaming.

“Perusahaan ini mengkonsolidasikan bisnis Media Networks terutama di Asia Tenggara dan Hong Kong. Upaya ini akan membantu kami menyelaraskan sumber daya secara lebih efisien dan efektif dengan kebutuhan bisnis saat ini dan masa depan,” tulis Disney.

Pernyataan itu sejatinya sudah pernah mengemuka pada April lalu, dan menghangat kembali saat ini. Berikut 18 saluran TV kabel yang ditutup Disney mulai 1 Oktober mendatang:

  1. Fox
  2. Fox Crime
  3. Fox Life
  4. FX
  5. Channel V
  6. Fox Action Movies
  7. Fox Family Movies
  8. Fox Movies
  9. Star Movies China
  10. Fox Sports
  11. Fox Sports 2
  12. Fox Sports 3
  13. Star Sports 1
  14. Star Sports 2
  15. Disney Channel
  16. Disney Junior
  17. Nat Geo People
  18. SCM Legend

Hanya empat saluran linier milik Disney yang akan bertahan dari pemusnahan, yakni Star Chinese Channel, Star Chinese Movies, National Geographic Channel, dan Nat Geo Wild.
Disney Plus memang belum diluncurkan secara penuh di beberapa wilayah. Namun di Indonesia telah diluncurkan pada September tahun lalu sebagai Disney Plus Hotstar. (***)