Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

TEKNOLOGI

Scooter Produk Diminati, Daya Beli Motor Masyarakat Mulai Membaik

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Kendaraan roda dua atau sepeda motor merupakan sarana transportasi yang paling diminati di Indonesia.

Terimbas pandemi tahun lalu, penjualan motor sempat tertekan. Namun, Tahun ini penjualanya mulai merangkak naik.

Ketua Bidang Komersil Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala mengatakan, pertumbuhan itu terlihat berdasar total penjualan sepanjang semester pertama 2021.

“Pertumbuhanya cukup signifikan. Jika dibandingkan total sales pada semester pertama 2020, maka total sales pada semester satu tahun ini naik 29,9 persen,” kata Sigit.

Pertumbuhan ini tentu jadi angin segar bagi sejumlah pihak.

Mengingat, hal ini sekaligus mengindikasikan adanya pemulihan daya beli masyarakat dan mengindikasikan pemulihan pasar kendaraan roda dua.

Menurutnya, sepanjang semester pertama tahun lalu, catatan penjualan kendaraan roda dua berada pada level 1,8 juta unit. Pada Januari hingga Juni 2021, total sales naik pada level 2,4 juta unit.

Melihat pertumbuhan ini, ia pun optimistis penjualan capai target sales.

“Kami optimistis. Meskipun, capaian itu sangat bergantung dengan perkembangan terkait pandemi dan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM),” ucapnya, dikutip republika.

Untuk produk terlaris, ia menekankan bahwa sepeda motor scooter masih jadi produk yang paling diminati.

“Kontribusi scooter mencapai 86 persen,” kata dia.

Artinya, ada sekitar 1,6 juta scooter yang terjual pada semester pertama. Sisanya, penjualan disumbang oleh motor underbone atau bebek dan motor sport dengan kontribusi masing-masing sekitar 6,9 persen dan 6,2 persen. (***)