Minggu | 26 September 2021 |
×

Pencarian

OLAHRAGA

Taklukan Dortmund 3-1, Muenchen Paling Superior di Jerman

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Dortmund – Bayern Muenchen masih superior di Jerman usai menundukkan Borussia Dortmund 3-1 dalam ajang Piala Super DFL (Piala Super Jerman) di Signal Iduna Park, Dortmund, Rabu, 18 Agustus 2021 dini hari WIB.

Kemenangan ini sekaligus membuat koleksi trofi Muenchen jadi sembilan di ajang yang mempertemukan kampiun Liga Jerman (Muenche) dan DFB Pokal (Dortmund).

Untuk dua tahun beruntun, pertandingan yang biasanya menandai awal musim kompetisi sepak bola Jerman itu dilangsungkan setelah pekan pembuka Liga Jerman dimainkan.

Kemenangan Muenchen atas Dortmund disokong dua gol dari Robert Lewandowski (menit 41 dan 47) serta satu gol lain yang dicetak Thomas Mueller (menit 74). Tuan rumah hanya bisa membalas sekali melalui Marco Reus (menit 45).

Raihan trofi kesembilan itu tak ubahnya jadi kelanjutan proses penghormatan Bayern atas legenda mereka, Gerd Mueller, yang berpulang pada Ahad (15/8) lalu.

Semasa bermain, Mueller mengenakan nomor punggung 9 dan nama serta nomor kebesarannya itu sempat tersemat dalam kaus khusus yang dikenakan para pemain Bayern saat melakukan sesi pemanasan jelang kick-off di Signal Iduna Park.

Gerd Muller dikenal karena ketajamannya. Selama 15 tahun, penyerang luar biasa itu mencetak 566 gol buat Bayern. Torehan 365 golnya di Bundesliga juga belum tertandingi hingga kini.

Memecahkan rekor Gerd Muller bukanlah tugas yang mudah. Tetapi Robert Lewandowski sudah bisa memecahkan salah satunya musim lalu. Ia mencetak 41 gol dalam satu musim Bundesliga, melampaui torehan terbanyak 40 gol sang legenda pada 1971-72.

Kala itu, Lewandowski sempat mengutarakan rasa bangganya. “Saya mencapai tujuan yang dulu tampak mustahil untuk dibayangkan,” tulis dia di halaman Twitter-nya.

“Saya luar biasa bangga bisa membuat sejarah bagi Bayern dan berperan dalam menciptakan kisah yang akan diceritakan penggemar kepada anak-anak mereka, mengikuti jejak legenda seperti Gerd Muller.”

Bayern kini unggul tiga trofi lebih banyak dibandingkan Dortmund dalam daftar koleksi Piala Super Jerman sepanjang masa.

Lima dari sembilan trofi itu dimenangi oleh Bayern dalam satu dasawarsa terakhir, setelah ajang tersebut sempat dihentikan pada 1997 digantikan DFB Ligapokal dan baru kembali dimainkan sejak 2010.

Daftar juara Piala Super Jerman dalam satu dasawarsa terakhir:

2021 Bayern Munchen
2020 Bayern Munchen
2019 Borussia Dortmund
2018 Bayern Munchen
2017 Bayern Munchen
2016 Bayern Munchen
2015 VfL Wolfsburg
2014 Borussia Dortmund
2013 Borussia Dortmund
2012 Bayern Munchen.

Berikut daftar pengoleksi juara terbanyak Piala Super Jerman sepanjang masa:

9 – Bayern Munchen
6 – Borussia Dortmund
3 – Werder Bremen
1 – VfB Stuttgart, Schalke 04, VfL Wolfsburg. (***)