Minggu | 26 September 2021 |
×

Pencarian

EKONOMI POLITIK

Ternyata Ini Alasan BLT Subsidi Gaji tak Kunjung Ditransfer ke Rekening

Karikatur (dodi/mediakepri.co.id)

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Ada beberapa penyebab Bantuan Tunai Langsung (BLT) Subsidi Gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp 1 juta dari Kemnaker tidak kujung cair.

Sejauh ini BLT Subsidi Gaji atau BSU tahun 2021 telah disalurkan kepada kepada 2,1 juta orang karyawan dalam 2 tahap pencairan.

Jadi, masih ada sekira 6,6 juta orang karyawan yang akan mendapatkan pencairan BLT Subsidi Gaji atau BSU. Karena, Kemnaker RI menargetkan penerima BSU sebanyak 8,7 juta orang.

Berikut ini alasan BLT Subsidi Gaji atau BSU Rp 1 juta tidak cair ke rekeningmu:

Tidak masuk daftar tahap 1 dan 2

Perlu diketahui pencairan dana BSU subsidi gaji 2021 dilakukan secara bertahap. Dijadwalkan pencairan mencapai 5 tahapan, hingga September 2021.

Sehingga, jika uang Rp 1 juta belum masuk ke rekeningmu, bisa jadi kamu tidak terdaftar sebagai penerima di tahap 1 dan tahap 2 BLT subsidi gaji yang sudah disalurkan.

Rekening bank swasta

Pemerintah hanya mencairkan uang Rp 1 juta bantuan subsidi gaji melalui bank Himbara. Ada lima bank yang ditunjuk, yaitu BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, dan BSI (khusus Aceh).

Nah, jika rekeningmu bank swasta, jelas tidak akan mendapatkan BLT tersebut.

Tapi tenang, kalau kamu memenuhi syarat maka Kemnaker akan membuatkan rekening di bank Himbara secara kolektif untuk pencairan BSU subsidi gaji.

Jadi penerima bantuan lain

Kemnaker tidak memberikan BSU subsidi gaji Rp 1 juta ke karyawan yang telah mendapatkan bantuan lain dari pemerintah.

Diharapkan tidak ada penerima bantuan ganda sehingga bisa merata.

Karyawan yang telah mendapatkan Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan atau PKH, hingga BLT UMKM atau BPUM tidak akan mendapatkan BSU subsidi gaji 2021.

Tidak memenuhi syarat

Ada sejumlah syarat yang ditetapkan agar bisa mendapatkan BSU.

Jika kamu tidak memenuhi syarat yang ditentukan, maka BLT subsidi gaji Rp 1 juta tidak akan cair ke rekeningmu. (***)