Minggu | 19 September 2021 |
×

Pencarian

TEKNOLOGI

Usung Tema Budaya dan Adat, Google Doodle Semarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pada 17 Agustus, Google ikut menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia (RI).

Independence Day atau hari Kemerdekaan ke-76 RI, seniman Kathrin Honesta merayakan dengan mengilustrasikan kedalam bentuk Google Doodle.

Pada halaman muka Google atau Google Doodle, pada 17 Agustus 2021 ini terlihat mengusung tema budaya dan adat.

Google Doodle memperlihatkan berbagai ciri khas yang dimiliki oleh Negara Indonesia.

Tahun ini Google Doodle mengambil makna yang berbeda di mana masyarakat tetap kuat untuk melindungi satu sama lain dan masih merayakan identitas mereka di rumah.

Setiap huruf dalam karya seni Doodle menggambarkan unsur-unsur umum untuk perayaan Hari Kemerdekaan, dimulai dengan Sasando, instrumen sembilan senar seperti harpa yang terbuat dari bambu dan daun palem asli Pulau Rote nusa tenggara timur.

Tampak pula dari kiri ke kanan, instrumen, objek, dan orang-orang yang digambarkan termasuk Rebana, instrumen seperti rebana; masker Hudoq dari Kalimantan; penari penggemar Pakarena dari Sulawesi; a Tifa, instrumen perkusi dari Maluku; dan akhirnya, Gambus atau kecapi dari Sumatera.

Pola batik dan topeng unik untuk instrumen dan asal-usul tarian juga menghiasi Google Doodle di hari kemerdekaan Indonesia. (***)