Minggu | 19 September 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Wujud Pengabdian Masyarakat, Polbeng Bangun PLTS

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis — Politknik Negeri Bengkalis (Polbeng) kembali membuat terobosan dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pondok Quran dan Tahfidz Abu Hanifah, Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

Pembangunan PLTS skala kecil tersebut dilakukan oleh Tim Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) dengan melibatkan pemilik Pondok Quran dan Tahfid Abu Hanifah.

Adapun tim pelaksana di lapangan melibatkan 2 Dosen Teknik Elektro, Agustiawan, MT dan Zulkifli M.Sc, serta dua orang mahasiswa.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Polbeng, Johny Custer, ST, MT mengatakan bahwa pembangunan PLTS tersebut merupakan Program Pemanfaatan Sumber Energi Cahaya Menjadi Tenaga Listrik yang dikerjakan dengan menggunakan dana PNBP Polbeng.

“Program ini sudah berjalan sejak pertengahan Juli. Tahap pengujian akhirnya sudah dilakukan pada Minggu, 22 Agustus 2021. Kegiatan ini berpusat di Pondok Quran dan Tahfidz Abu Hanifah, Desa Air Putih Kecamatan Bengkalis,” ujar Johny Custer kepada mediakepri.co.id, Senin, 23 Agustus 2021.

Selanjutnya Johny menjelaskan bahwa pembangunan PLTS tersebut melalui beberapa tahap, yakni survei lapangan, diskusi, perancangan dan pemasangan PLTS, pengujian tahap pertama, pelatihan cara pengoperasian dan pemeliharaan serta pengujian tahap akhir.

“Pengujian tahap akhir dilakukan untuk mengetahui performa alat. Mudah-mudahan kegiatan ini, dapat menjadi pedoman bagi masyarakat dan mitra terkait tentang efisiensi penggunaan energi listrik serta pengoperasian dan pemeliharaan PLTS,” pungkas Johny. (juny)