Sabtu | 16 Oktober 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Meminjam Uang di Bank tidak Riba, Berikut Penjelasanan Ustad Adi Hidayat

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Selama ini masih banyak orang yang berfikiran meminjam uang di bank adalah riba.

Karena, kebanyakan bank menerapkan sistem bunga yang kuat dugaan sebagaian orang itu adalah bentuk riba.

Ustad Adi Hidayat dalam kajiannya yang dikutip mediakepri.co dari kanal YouTube Chandmaw yang diunggah pada 3 Juli 2018 membantah meminjam uang ke bank hukumnya dosa.

“Sebetulnya gini, minjam uang ke bank itu gak dosa. Kalau banknya mengajarkan kegunaan yang benar. Tapi, kalau ketentuan di banknya mengarahkan ke dosa baru jadi dosa,” kata Ustad Adi Hidayat.

Ustad Adi Hidayat mencontohkan meminjam uang sesuai dengan syariat Islam pada bank syariah.

“Misal, ada bank syariah dengan ketentuan syariah. (Karena) Pinjam-meminjam itu diatur, utang-piutang itu ada, ada aturannya,” sebutnya.

Selain itu, Ustad Adi Hidayat juga mengisahkan bahwa Nabi dan para sahabatnya juga pernah berhutang.

“Nabi pernah meminjam dan dikembalikan dalam pinjaman. Sahabat lain pernah meminjam, dikembalikan dalam pinjaman,” kata Ustadz Adi Hidayat.

Oleh karena itu, Ustad Adi Hidayat menyarankan jika berusaha untuk tidak berhutang selama tidak membutuhkan.

“Jadi, meminjam itu kalau memang dibutuhkan. Kalau tidak jangan buka pintu hutang. Jangan membuka pintu hutang kalau tidak bisa melunasinya,” sebut Ustad Adi Hidayat.

Ustad Adi Hidayat menyarankan lebih baik hidup sederhana menggunakan uang sendiri daripada membuka pintu hutang yang belum tentu mampu dilunasi.

“Tapi, berhutang juga bukan aib. Memang ada aturannya kalau kita bisa melunasinya. Yang salah adalah membuka pintu hutang pada cara yang salah. Bunga, bunga, bunga. Dan bunganya berganda lagi. Itu yang paling bahaya,” ungkap Ustad Adi Hidayat.

Jika sudah terlanjur melakukannya maka Ustad Adi Hidayat menyarankan untuk berdoa meminta pada Allah agar bisa melunasi hutang tersebut dan keluar dari riba. (***)