Minggu | 19 September 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Polbeng Susun TOR untuk Pembangunan Dermaga Berbasis Beton Pracetak

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Politeknik Negeri Bengkalis melakukan penyusunan kerangka acuan (TOR/Term of Reference) untuk pembangunan dermaga berbasis beton pracetak di Desa Ketam Putih, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan dilakukan dalam rangka membantu Pemerintahan Desa Ketam Putih yang berkeinginan mengajukan permohonan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis terkait pembangunan dermaga untuk penyeberangan menuju Pulau Dedap, Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Sebagai wujud Tri Darma Perguruan Tinggi, kami merespon keinginan Pemerintahan Desa Ketam Putih dengan membentuk tim kecil untuk melakukan penyusunan TOR atau kerangka acuan pembangunan dermaga untuk penyeberangan menuju Pulau Dedap di Meranti,” ujar Direktur Polbeng, Johny Custer, ST. MT kepada mediakepri melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp, Jumat, 03 September 2021.

Johny mengatakan bahwa tim penyusun Polbeng yang dipimpin oleh Noerdin Basir dengan anggota Dedi Enda dan Oni Febriani melakukan survey permulaan, menganalisis kondisi lingkungan baik dari segi hidrograf, hidrodinamik maupun morfodinamik serta kondisi tanah dan lain sebagainya.

Tujuannya, sambung Johny, untuk mengetahui apakah bisa diterapkan struktur jetty precast yang sedang dikembangkan oleh Pusat Unggulan Produk Precast Polbeng.

“Dari hasil kegiatan ini nantinya akan diperoleh sebentuk rancangan yang berisi rencana anggaran biaya yang selanjutnya akan diajukan oleh Pemerintahan Desa Ketam Putih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebagai institusi yang bertanggung jawab dalam pengembangan infrastruktur pelabuhan rakyat untuk dapat dimasukkan ke dalam rencana anggaran belanja daerah tahun 2022 mendatang,” ungkap Johny.

Mudah-mudahan kegiatan tersebut bermanfaat dan dapat dijadikan acuan bagi Pemerintah Kabupaten Bengkalis guna membangun dermaga untuk penyeberangan, mengingat keberadaannya akan berdampak positif bagi perkembangan perekonomian masyarakat tempatan. (juny)