Sabtu | 16 Oktober 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

PTM Sebabkan Positif Covid-19 Naik dari Klaster Sekolah? Pakar Ungkap Faktanya

MEDIAKEPRI,CO.ID, Jakarta – Setelah dilaksanakannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sejumlah wilayah di Indonesia, angka kasus positif Covid-19 dikabarkan naik lagi.

Epidemiolog dari Universitas Indonesia, dokter Pandu Riono ikut menyoroti lagi tentang banyaknya siswa yang dilaporkan positif Covid-19.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter milik Pandu Riono tentang fakta klaster sekolah yang disebut-sebut jadi tempat penularan Covid-19 kepada para siswa tersebut.

“Fakta yg disajikan bukan fakta surveilans yg real tetapi hasil survei yg lapor ada kasus masyarakat sekolah yg akumulatif sejak beberapa bulan lalu,” kata Padu Riono.

Sebelumnya, siswa dari SD hingga perguruan tinggi harus melaksanakan sekolah secara daring akibat Covid-19.

Pemerintah kemudian mengizinkan untuk dilaksanakan PTM terbatas di sejumlah wilayah yang kasus Covid-19 daerah tersebut telah melandai.

PTM tersebut dilaksanakan kurang lebih selama sepekan dan dikabarkan jika banyak siswa yang positif Covid-19.

Meurut Pandu, kasus tersebut disebut klaster sekolah jika dari hasil tes, lacak, dan isolasi menunjukkan adanya penularan di sekolah.

Pemberitaan klaster sekolah menjadi tempat baru untuk penularan Covid-19 kepada para siswa juga disebut tidak akurat.

“Hasil Survei ttg Kasus di sekolah sejak awal Pandemi, tidak ada kaitan sama sekali dengan PTM terbatas yg baru dicobakan. Fakta yg tidak akurat. Perlu dikoreksi, fakta survei kasus sejak awal pandemi. Bukan Klaster Sekolah!” tuturnya. (***)