Kamis | 30 Juni 2022 |
×

Pencarian

HIBURAN

Usia 69 tahun, Christopher ‘Superman’ Reeve Jadi Aktivis Penyandang Disabilitas

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Superman masih menjadi super hero yang paling digemari di seluruh dunia. Bahkan, pemerannya yang ikonik masih tak terlupakan banyak orang.

Aktor pemeran Superman, Christopher Reeve mendapat penghormatan dari Google Doodle setelah menjadi aktivis penyandang disabilitas, pada hari ulang tahunnya yang ke-69.

Seperti dikabarkan sebelumnya Reeve lumpuh dari leher ke bawah dalam kecelakaan menunggang kuda pada tahun 1995.

Dia menghabiskan sisa hidupnya melobi hak-hak penyandang cacat dan mengadvokasi penelitian tentang cedera tulang belakang.

“Sementara dunia pertama kali mengenalnya karena peran utamanya dalam film Superman 1978, keberanian dan kemanusiaannya setelah kecelakaan yang membuatnya lumpuh menyentuh begitu banyak orang di seluruh dunia,” kata keluarga Reeve dalam sebuah pernyataan di Google seperti dikutip Mediakepri.co.

Upayanya termasuk mengadvokasi penelitian sumsum tulang belakang dan mendukung peningkatan cakupan asuransi dan pembayaran untuk penyandang cacat.

Menurut Google, Yayasan Christopher dan Dana Reeve sudah mendistribusikan jutaan hibah individu, dan Reeve bertugas di dewan organisasi lain yang membantu penyandang cacat.

Istri Reeve, Dana mengatakan yang memberi keinginan Reeve untuk bertahan hidup setelah kecelakaannya.

Seperti dilansir dari biografi di situs web Christopher and Dana Reeve Foundation.

“Ketika Dana membisikkan kata-kata penyelamat itu kepada saya, ‘Kamu tetap kamu. Dan saya mencintaimu,’ itu lebih berarti bagi saya daripada sekadar pernyataan iman dan komitmen pribadi,” kata Reeve seperti dikutip dari News-daily.com.

“Dalam arti tertentu itu adalah penegasan bahwa pernikahan dan keluarga berdiri di pusat segalanya, dan jika keduanya utuh, begitu pula alam semesta Anda,” ujar si Superman itu.

Dan melihat orang lain berjuang dengan kecacatan mereka bersamanya dalam rehabilitasi itulah yang mendorong untuk menggunakan ketenarannya untuk mengadvokasi mereka.

Reeve pernah berkata,”saya merasa saya perlu melakukan sesuatu — tidak hanya untuk diri saya sendiri tetapi untuk semua orang dalam kondisi yang sama,” tulis Reeve.

“Bahkan jika saya ingin (yang tidak saya lakukan), saya tidak akan pernah bisa melupakan pasien lain yang saya temui selama rehabilitasi. Saya telah melihat terlalu banyak perjuangan dan rasa sakit mereka. Saya tidak bisa pulang, mengabdikan diri. hidup saya untuk diri saya sendiri dan keluarga saya, dan mengabaikan gambaran yang lebih besar,” ungkapnya.

Selamat ulang tahun Superman, Christopher Reeve. Kamu tetap menjadi pahlawan bagi banyak orang baik di dalam maupun di luar layar. (***)