Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

KEPRI

Agum Gumelar Lantik Pengurus IKAL Kepri, Gubernur Ansar: Alumni Lemhannas adalah Insan Teruji

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL Lemhannas) Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar melantik kepengurusan DPD IKAL Lemhannas Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masa bakti 2021-2026

. Pelantikan berlangsung di Gedung Daerah Tanjungpinang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Agum menyatakan bahwa IKAL Lemhannas Kepri merupakan DPD terakhir yang dilantik. Pelantikan ini menggenapi terbentuknya kepengurusan IKAL Lemhannas di seluruh daerah di Indonesia.

“Provinsi Kepulauan Riau adalah DPD yang terakhir yang kami lantik. Dalam arti, sekarang sudah terbentuk 34 DPD dan Kepulauan Riau adalah yang terakhir yang kami lantik. Untuk itu saya sangat berharap saudara-saudara bisa menjaga kepercayaan dan kehormatan serta tidak mengecewakan dalam kepengurusan ini,” katanya.

Agum menjelaskan bahwa IKAL Lemhannas di tingkat pusat mapun daerah mengembangkan dua jati diri dalam menyikapi permasalahan aktual yang dihadapi bangsa saat ini.

Jati diri pertama adalah memiliki orientasi negawarawan, sehingga apapun yang dilakukan alumni Lemhannas harus berorientasi pada kepentingan bangsa dan negara.

“Yang kedua adalah IKAL Lemhannas harus berwatak pejuang, tidak boleh apatis dan harus peduli dengan permasalahan yang dihadapi bangsa,” katanya.

Agum berpesan kepada Pengurus DPD IKAL Lemhannas Provinsi Kepri yang baru dilantik untuk dapat menjalankan organisasi dengan bijak dan dewasa, terutama dalam menyikapi permasalahan aktual yang dihadapi bangsa maupun daerah.

IKAL bisa menjadi mitra bagi pemerintah daerah untuk memberikan kajian strategis dengan data analisis dan langkah penyelesaian yang sifatnya konstruktif.

“Tidak selalu kita harus berada dalam lingkaran kekuasaan. Mengkritisi pemerintah, itu perlu saudara-saudara sekalian. Tetapi sikap kritis kepada pemerintah jangan didasari oleh sikap benci, itu tidak benar. Kita harus mengawal perjalanan bangsa ini menuju tujuan nasional,” tegasnya.

Kepengurusan DPD IKAL Lemhannas Provinsi Kepri masa bakti 2021-2026 dinakhodai Syamsul Bahrum, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepri.

Kemudian Wakil Ketua I Laksma TNI Bambang Wahyudi, Wakil Ketua II Virgiani Rahayu Saraswati, dan Wakil Ketua III Mirza Bahtiar. Sedangkan Sekretaris adalah Razaki Persada dan Bendahara Henny Susanty.

Pengukuhan kepengurusan DPD IKAL-Lemhannas Provinsi Kepri mengacu pada Keputusan DPP IKAL Lemhannas Nomor: Kep/10/X/IKAL/2021 tentang Pengesahan dan Susunan Pengurus Daerah IKAL-Lemhannas Provinsi Kepri masa bakti 2021-2026.

Keputusan ini menindaklanjuti surat tugas DPP IKAL-Lemhannas nomor ST/8/X/2021/IKAL-LEMHANNAS dan hasil rapat koordinasi panitia dengan calon pengurus IKAL Lemhannas Provinsi Kepri.

Selain Ketua Umum dan jajaran pengurus DPP IKAL Lemhannas, pelantikan tersebut juga dihadiri langsung oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Hadir juga Wakil Ketua I DPRD Kepri Dewi Kumalasari, Perwakilan Danrem 033/Wira Pratama Kepri, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilllillah Kolonel Pnb A. Donie P, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, Irwasda Polda Kepri Kombes Pol. M. Rudy Syarifudin, Perwakilan Danlantamal IV Tanjungpinang, Perwakilan Bank Indonesia Kepri, dan pimpinan instansi vertikal lainnya. Sementara Wali Kota dan Bupati se-Provinsi Kepri serta para Kepala OPD Kepri hadir secara virtual.

Gubernur Ansar yang didapuk sebagai Ketua Dewan Pembina DPD IKAL Lemhannas Kepri mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang baru dilantik. Ia berharap kepercayaan yang telah diberikan untuk dapat dijalankan dengan baik.

“Selamat kepada seluruh pengurus yang baru dilantik. Kami berharap kepercayaan yang telah diberikan kepada saudara untuk menakhodai DPD IKAL Lemhannas Provinsi Kepri dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya, dengan perhatian, kerja keras, disertai dengan rasa tanggung jawab yang tinggi serta didukung dengan pola kerja sama yang konstruktif antara pihak IKAL Lemhannas dengan pemerintah daerah,” katanya.

Pemprov Kepri, lanjut Gubernur Ansar, juga berharap IKAL Lemhannas dapat memberikan sumbangan pemikiran yang strategis dan solusi terhadap permasalahan pembangunan di daerah, terlebih seperti saat ini di tengah menghadapai tantangan berat Covid-19.

Pengurus DPD IKAL Lemhannas Kepri dapat menjalankan peran dan memberikan pengabdian terbaiknya, sehingga dapat bersama-sama dengan pemerintah daerah mewujudkan Kepri yang makmur, berdaya saing, dan berbudaya sesuai dengan visi dan misi yang tertuang di RPJMD Kepri.

“Saya atas nama Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau yang telah diamanahkan sebagai Dewan Pembina dan juga seluruh jajaran, InsyaAllah akan mendukung sepenuhnya IKAL Lemhannas yang kita yakini alumni-alumni Lemhannas ini adalah insan-insan yang teruji. (Mereka) yang telah mengikuti pendidikan-pendidikan yang berwawasan nusantara dengan muatan-muatan yang saya kira sangat bermanfaat bagi kemajuan negeri ini dan tentunya bagi kami di Provinsi Kepri,” kata Gubernur Ansar.

Gubernur menambahkan, sebagai institusi yang didalamnya mengemban misi nasional bagi penguatan ketahanan negara dengan mencetak pemimpin dan calon pemimpin baik di pusat maupun pemerintah daerah, visi dan misi lemhannas tentunya diimplementasikan melalui pendekatan manajemen strategis oleh pemimpin-pemimpin yang visioner ini.

“Provinsi Kepri sebagai salah satu kawasan strategis nasional serta kawasan pertahanan dan keamanan di perbatasan negara membutuhkan pola pendekatan tata kelola kawasan yang berpendekatan geo politik dan berbasis geo strategik untuk itu peranan Lemhannas serta para alumninya diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga persatuan NKRI,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Gubernur Ansar menyerahkan bendera pataka atas nama Ketua Umum. Gubernur Ansar juga menyaksikan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh pengurus yang diwakili Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPD IKAL-Lemhannas Provinsi Kepri.

Sementara itu Ketua DPD IKAL Lemhannas Kepri, Syamsul Bahrum menegaskan kesiapan seluruh pengurus untuk tegak lurus melaksanakan kewajiban, visi, dan misi sesuai dengan amanah yang telah diberikan oleh DPP IKAL Lemhannas.

Kesiapan ini merupakan bentuk komitmen seluruh pengurus dalam mendedikasikan dan mengabdikan diri bagi kepentingan bangsa dan negara.

“Oleh sebab itulah atas atas bimbingan senior-senior kami, baik yang hadir secara virtual maupun yang hadir secara faktual melalui offline, tentunya kami juga membutuhkan bimbingan agar organisasi kami bisa solid dan komitmen, tegak lurus dalam menegakkan NKRI dan dalam melaksanakan tugas-tugas, mengemban kesejahteraan masyarakat di bawah naungan Pemerintahan Provinsi Kepri,” katanya. (***)