Sabtu | 16 Oktober 2021 |
×

Pencarian

EKONOMI POLITIK

Akbar Faisal: Mahasiswa Jangan Jadi PNS, Negara Sudah Tak Mampu Lagi Bayar Gaji

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Akbar Faisal, politisi yang pernah menjabat duduk di DPR RI periode 2014-2019, meminta mahasiswa mengubah cara berfikirnya usai lulus kuliah kelak.

Di acara Wisuda Universitas Negeri Makassar (UNM), akhir pecan lalu, Akbar Faisal meminta agar begitu lulus, mahasiswa tidak lagi terpikir menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Dia menyarankan agar mahasiswa yang sudah lulus memikirkan bagaimana caranya menjadi pengusaha, dan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

“Anak-anakku sekalian, berhentilah berpikir untuk mejadi pegawai negeri. Negara ini sudah tak mampu lagi untuk menggaji seorang pegawai negeri,” sebut Akbar Faizal dalam video pidatonya yang diunggah akun Instagram @profesiunm.

Anak-anakku sekalian, Anda harus mengubah cara berpikirnya sekarang.

“Bagaimana keluar dari kampus untuk menjadi pegawai negeri?’ Enggak! Anda harus mengubah cara berpikir itu. Ciptakan lapangan pekerjaan!” sebutnya lagi.

Akbar Faizal mengatakan itu karena dirinya mengaku tahu betul bagaimana isi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semasa menjadi pejabat publik.

“Karena saya mantan pejabat negara yang mengelola APBN, yang tahu isi APBN itu, saya ingin katakan sekali lagi, negara sudah tidak mampu lagi membayar pegawai negeri,” tuturnya.

Akbar Faizal kemudian menjawab mengapa sampai saat ini kementerian atau lembaga negara masih membuka rekrumen CPNS jika memang sudah tak mampu menggajinya.

“Iya (masih ada rekrutmen), karena kalau tidak, pengangguran semakin besar,” ujar Akbar Faizal menegaskan.

Profesi sebagai PNS masih banyak diminati anak muda Indonesia salah satunya karena dengan menjadi PNS, masa depan terjamin secara materi sebab ada uang pensiun. (***)