Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Beda Sakit Kepala Beda Juga Cara Menghilangkannya, Simak Ya!

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Tidak semua sakit kepala itu sama. Ada berbagai jenis sakit kepala yang berbeda, dapat dilihat dari penyebabnya, maka titik-titik sakit kepada yang diderita juga berbeda jenisnya.

Mengetahui jenis sakit kepala yang kamu alami dapat membuatnya lebih mudah untuk diobati.

Ada jenis-jenis sakit kepala dan beberapa cara terbaik menghilangkannya dengan cepat, seperti dikutip Pikiranrakyat-Tasikmalaya.com dari The Minds Journal.Com.

  1. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang adalah jenis sakit kepala yang paling umum, dan kebanyakan orang sering mengalaminya.

Sakit kepala ini biasanya menunjukkan rasa sakit yang tumpul tetapi terus-menerus di seluruh kepala, biasanya di bagian depan dan samping.

Kamu juga mungkin mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit di belakang mata. Jangka waktu sakit kepala tegang dapat sangat bervariasi, dari kurang dari satu jam hingga beberapa hari.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan sakit kepala tegang. Penyebab yang sangat umum adalah stres, lapar, dehidrasi ataupun kurang tidur.

Selain itu dapat terjadi juga karena disebabkan oleh suara keras atau rangsangan eksternal kuat lainnya.

Menjaga kesehatan kamu adalah cara terbaik untuk mencegah sakit kepala tegang.

  1. Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang jauh lebih serius yang juga sangat umum, meskipun tidak sebanyak sakit kepala tegang.

Migrain biasanya sangat menyakitkan dan berpusat di satu sisi kepala. Mual sangat umum, seperti halnya kepekaan terhadap rangsangan eksternal.

Banyak orang yang mengalami migrain mendapatkan gejala bersama mereka. Gejala yang berbeda dari orang ke orang, tetapi biasanya terjadi pada awal migraine.

Gejala migrain terdiri dari hilangnya sebagian penglihatan bersamaan dengan melihat bintik-bintik, berkedip, atau garis bergerak.

Gejala tersebut sering disertai mati rasa, serta kesulitan berbicara dalam kasus yang lebih ekstrim.

Kebanyakan orang yang mengalami migrain mengalaminya beberapa kali sepanjang hidup mereka.

Mereka dapat dipicu oleh stres, hormon, dan indikator kesehatan yang buruk lainnya. Ini juga umum untuk migrain diturunkan melalui beberapa generasi.

  1. Sakit kepala cluster:

Ini adalah sakit kepala yang kuat dan menyakitkan yang ditandai dengan sensasi terbakar atau menusuk yang menyakitkan di belakang satu mata.

Sakit kepala cluster sering terjadi dengan cepat dalam waktu singkat.

Mereka jauh lebih umum dialami pada pria daripada wanita. Kamu mungkin juga melihat kelopak mata berair atau bengkak serta hidung meler.

  1. Sakit kepala saat beraktivitas/Arteritis Sel Raksasa

Ini adalah sakit kepala yang disebabkan oleh aktivitas fisik dan ketegangan.
Mereka biasanya tidak bertahan lama tetapi disertai dengan perasaan berdenyut.
Mereka dapat disebabkan oleh hubungan seksual yang kuat serta sesi olahraga

  1. Sakit kepala sinus

Ketika kamu menderita pilek atau penyakit pernapasan lainnya, kamu mungkin mengalami pembengkakan pada sinus, yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Meskipun sakit kepala ini biasanya hanya nyeri tumpul, dan kamu biasanya dapat merasakannya di pipi dan hidung serta kepala.

Mengobati penyebab pembengkakan sinus biasanya akan menghilangkan sakit kepala juga. (***)