Jumat | 15 Oktober 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

dr Zaidul Akbar: Madu Sehat, Tapi Jika Seliter Jebol Juga Ginjal

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Dalam tayangan YouTobe Sobat Herbal, yang diunggah 6 Mei 2021, pendakwah sekaligus seorang dokter yang akhir-akhir ini viral di media sosial dr Zaidul Akbar, membahas tentang bahaya mengkonsumsi madu jika dengan cara salah.

Madu sangatlah berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Namun demikian harus dikonsumsi secara benar, dan sebaliknya jika dikonsumsi asal-asalan akan mengakibatkan kerusakan organ tubuh.

Menurut dr Zaidul Akbar, mengkonsumsi madu secara berlebih dapat merusak organ ginjal.

“Madu sehat, tapi jika sehari seliter jebol juga ginjal.” ungkap dr Zaidul.

Menurutnya mengonsumsi madu yang tepat ialah dengan cara membatasi asupannya pada tubuh, sebagaimana dicontohkan Rosulullah SAW yang senantiasa tidak berlebihan dalam menyantap hidangan.

Dalam tayangan YouTobe tersebut juga dr Zaidul mengajak agar pemirsa tidak lepas kontrol dalam makanan dan minuman, meskipun zat yang dikandungnya sehat atau kaya vitamin.

Diketahui pada dasarnya madu mempunyai banyak khasiat bagi stamina dan kesehatan tubuh, cairan yang berasal dari lebah ini mengandung sari-sari tumbuhan yang telah diserap lebah tersebut.

Rasa madu yang manis alami membuat orang akan ketagihan dan menyukainya, apalagi dipadukan dengan bahan herbal lainnya seperti jeruk nipis, jahe ataupun kunyit. (dodi)