Sabtu | 16 Oktober 2021 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Catat! Ini Tema dan Sejarah Singkatnya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day diperingati pada setiap tanggal 10 di bulan Oktober dalam setiap tahunnya.

Peringatan tersebut bertujuan dalam meningkatkan rasa kesadaran diri, dan mengedukasi terkait masalah mental di berbagai negara-negara di dunia.

Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia dicetuskan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Federasi dunia untuk kesehatan mental Richard Hunter. Organisasi tersebut merupakan organisasi internasional yang menangani isu-isu kesehatan mental.

Dilansir dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tema yang diambil dalam peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun ini adalah “Mental Health Care for all: Let’s Make It Areality” atau “Perawatan Kesehatan Mental untuk Semua: Mari kita Wujudkan”.

Tema tersebut berkaitan erat dengan situasi saat ini yang tengah dalam kondisi pandemi Covid-19, yang berdampak pada segala aspek termasuk pada kesehatan mental manusia.

Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati sejak mulai 10 Oktober 1992, namun dalam peringatan perdana tersebut tidak disisipi tema khusus peringatan.

Meskipun demikian tetap bernilai positif, karena mengadvokasi tentang masalah kesehatan mental dan mendidik tentang isu-isu relevan. (***)