Senin | 29 November 2021 |
×

Pencarian

PARIWISATA

Ini Aturan Baru Bagi Anak di Bawah 12 Tahun yang Ingin Naik Pesawat

MEDIAKEPRI,CO.ID, Jakarta – Dampak pandemi Covid-19 membuat pemerintah maupun masyarakat harus bersatu dalam penanganan agar Covid-19 segera hilang.

Tak hanya ekonomi, bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun semua harus ikut aturan yang sudah ditetapkan.

Seperti untuk perjalanan bagi masyarakat yang ingin bepergian yang menggunakan pesawat udara atau kapal laut harus mengikuti aturan yang berlaku.

Bersama satgas Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Surat Edaran (SE) terbaru Nomor 21 tahun 2021 pada kamis, 21 Oktober 2021.

Aturan tersebut berisi tentang anak berusia dibawah 12 tahun sudah diperbolehkan melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi pesawat udara

“Anak-anak usia di bawah 12 tahun boleh naik pesawat namun harus melakukan tes PCR sesuai persyaratan di daerahnya masing-masing serta dalam kondisi yang sehat,” ujar Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dikutip dari sindonews.com, Jumat, 22 Oktober 2021.

Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran terbaru No. 21 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi covid-19.

“Surat Edaran ini berlaku efektif mulai Jumat, 22 Oktober, sampai batas waktu yang ditentukan dan akan dievaluasi sesuai perkembangan terakhir di lapangan,” ujarnya.

Adapun yang harus diperhatikan untuk anak dibawah 12 tahun adalah:

1.Menunjukan hasil negatif tes Covid-19 dengan metode reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR)
2.Menerapkan protokol kesehatan Covid-19
3.Penumpang anak Harus dilakukan Pendampingan orangtua dan dalam kondisi sehat.

Selain itu harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang harus diperhatikan selama perjalanan Ialah:

a. Gunakan masker kain 3 lapis atau masker medis dengan pemakaian yang menutupi hidung dan mulut.
b. Tidak diperbolehkan berbicara satu (via alat telekomunikasi) atau dua arah (berbicara langsung) karena berpotensi penularan yang erat akibat droplet yang dikeluarkan secara alami saat berbicara.
c. Tidak boleh makan/minum sepanjang perjalanan penerbangan kurang dari 2 jam kecuali bagi individu yang memiliki kewajiban konsumsi obat terjadwal.
d. Setiap operator moda transportasi wajib mempersiapkan sarana dan prasarananya untuk mengintegrasikan implementasi skrining kesehatan elektronik dengan Peduli Lindungi. (***)

Artikel ini telah terbit di mediakepri.co dengan judul Boleh Naik Pesawat, Ini Aturan Baru Bagi Anak di Bawah 12 Tahun