Jumat | 15 Oktober 2021 |
×

Pencarian

RIAU

Jaga Kelestarian Hutan, Koramil Bengkalis Pantau Titik Api

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis — Koramil 01/Bengkalis, Kodim 0303/Bengkalis, melakukan pemantauan titik api (hot spot) di kawasan lahan dan hutan yang rawan kebakaran di wilayah teritorialnya.

Hal itu dilakukan oleh Serda Zamzuri bersama Bhabinkamtibmas saat patroli dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Wilayah Desa Bantan Tengah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Senin, 11 Oktober 2021.

“Kami lakukan patroli di kawasan lahan dan hutan yang rawan kebakaran untuk memantau kemungkinan adanya titik api (hot spot) penyebab kebakaran, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya karlahut,” ujar Zamzuri.

Zamzuri juga mengatakan bahwa hutan merupakan ruang terbuka hijau yang harus dijaga kelestariannya. Selain itu, hutan juga merupakan paru-paru dunia yang mempunyai peran penting bagi kehidupan manusia. Maka dari itu, kelestariannya menjadi perhatian yang penting.

“Jangan buka lahan dengan membakar, apalagi di atas lahan Gambut. Segera laporkan jika menemukan titik api atau pihak-pihak yang membakar lahan dan hutan agar dapat segera ditindak lanjuti,” tegasnya.

Mudah-mudahan dengan kerja sama dan koordinasi yang baik, karlahut dapat diantisipasi dengan maksimal.

Pelaksanaan kegiatan berjalan tertib dan lancar. Selama patroli berlangsung, keadaan lahan dan hutan aman dan kondusif. (juny)