Senin | 29 November 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Jangan Abaikan Jika Mengalami Sakit Punggung dan Nyeri di Sisi Kiri Dada, Segeralah ke Dokter

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Jika anda mengalami sakit diarea punggung serta nyeri di sisi kiri dada anda, jangan anggap sepele.

Dilansir dari Express, Senin, 18 Oktober 2021 bisa jadi itu tanda anda mengalami kadar koleterol tinggi.

Sebuah studi yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health menganalisis hubungan antara lipid serum dan nyeri punggung bawah.

Ada sekitar 258.367 peserta dianalisis untuk menyelidiki hubungan nyeri punggung bawah dengan kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C), kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL-C), dan rasio LDL-C/HDL-C.

Studi inipun menemukan bahwa rasio HDL-C rendah dan rasio LDL-C/HDL-C tinggi secara signifikan terkait dengan nyeri punggung bawah yang dapat mengindikasikan kadar kolesterol tinggi.

Dan jika merasa nyeri di bagian sisi dada kiri segeralah ke dokter, karena bisa jadi tanda serangan jantung.

Rasa yang tak dapat dijelaskan lainnya adalah ada perasaan tertekan atau merasa sesak di dada, rasa sakit di lengan, leher, rahang, punggung, atau perut, kesulitan bernafas, lemas, pusing, mual atau muntah.

Dan untuk mengurangi nyeri di bagian dada adalah berhenti merokok, makan makanan yang sehat, menurunkan berat badan, olahraga, mengurangi stres, membatasi konsumsi alkohol, menjaga gula darah normal, kontrol tekanan darah. ***