Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Jokowi Ucapkan Selamat Hari Dokter Nasional, Ini Peran dan Sejarah Singkatnya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Bertepatan tanggal 24 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Dokter Nasional. Yang merupakan ungkapan apresiasi bagi dedikasi para dokter yang senantiasa mengabdi sebagai pelayan kesehatan.

Di tahun masa pandemi Covid-19, para dokter sangat berperan penting dan berada di garda terdepan dalam penanganan para pasien Covid-19.

Melalui Instagram resminya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucakan selamat, dan mengapresiasi sebesar-besarnya atas kinerja dan pengabdian para dokter di seluruh pelosok tanah air.

“Bagaimanapun situasi pandemi yang kita hadapi, saya tahu, para dokter dan tenaga kesehatan tetap siaga..” tulis Jokowi dalam Instagramnya, 24 Oktober 2021.

“‚ĶMereka telah memberi bukti dengan menyumbang keahlian, pikiran, dan tenaga. Bahkan bertaruh nyawa untuk menyelamatkan bangsa ini.” lanjut Jokowi.

Jokowi juga menyebut dokter sebagai figur pahlawan bangsa dalam hal kemanusian yang berjuang tak mengenal lelah.

“Para dokter adalah pahlawan tanpa pamrih, yang berjuang sampai ancaman pandemi telah usai.”

Dalam unggahan video bertuliskan ‘Selamat Hari Dokter Nasional’ Jokowi menyertakaan animasi sosok para dokter yang tengah berjuang menjalankan tugas kemanusiaannya, hingga unggahan tersebut mendapat respon 66.450 like lebih.

Diketahui peringatan Hari Dokter Nasional tidak terlepas dari momen terbentuknya Ikatan Dokter Indonesia (IDI), yang terbentuk sejak tahun 1950 silam.

Pada tanggal 22 hingga 25 September 1950 Muktamar I IDI digelar di Deca Park, yang kemudian dirumuskan pada bulan Oktober. Dalam Muktamar tersebut sosok Sarwono Pawirohardjo terpilih menjadi ketua Umum IDI pertama.

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul Hari Dokter Nasional, Ini Peran dan Sejarah Singkatnya