Kamis | 30 Juni 2022 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Sumpah Pemuda Tonggak Berdirinya NKRI, Ini Dia Tokoh-tokoh Pencetusnya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Hari Sumpah Pemuda tidak lama lagi akan diperingati.

Lahir pada tanggal 28 Oktober 1928, tonggak sejarah itu tercetus dari mereka yang tergabung dalam persatuan perlajar-pelajar Indonesia (PPPI) dan sejumlah organisasi lainnya.

Mereka adalah para tokoh yang mengikrarkan Sumpah Pemuda kemudian melahirkan sebuah rumusan yang menjadi pencetus semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang merdeka.

Sumpah Pemuda menjadi teladan bagi generasi penerus bangsa ini agar tetap selalu menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia ini.

Dalam buku Makna Sumpah Pemuda yang terbit pada tahun 2012 yang ditulis oleh Sri Surdaniyatun, sumpah pemuda berasal dari kata sumpah dan pemuda.

Sumpah dapat diartikan janji dan harus ditepati. Sehingga sumpah pemuda berarti janji para pemuda yang diucapkan saat kongres pemuda II di Jakarta, 28 Oktober 1928.

Tahukah anda siapa saja mereka yang menjadi tokoh-tokoh yang berperan penting dalam tercetusnya Sumpah Pemuda?

Seperti dikutip oleh lensapurbalingga.com dari laman cashbac.com, berikut adalah beberapa tokoh pelopor Sumpah Pemuda:

  1. Soegondo Djojopoespito

Soegondo Djojopuspito adalah tokoh pemuda yang aktif dalam Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI) yang membuatnya ditunjuk untuk memimpin Kongres Pemuda Indonesia Kedua dan menghasilkan Sumpah Pemuda.

  1. Moehammad Yamin

Moehammad Yamin berasal dari Jong Sumatranen Bond atau pemuda dari Sumatera. Beliau merupakan pencetus kongres pemuda dan menjadi sekretaris pada saat Kongres Pemuda Indonesia.

Beliaulah yang merumuskan isi teks Sumpah Pemuda serta mengusulkan dijadikannnya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

  1. Wage Rudolf Soepratman

Wage Rudolf Soepratman atau W.R Soepratman adalah pencipta lagu Indonesia Raya.

Saat Kongres Pemuda itulah beliau memperkenalkan lagu ciptaannya Indonesia Raya yang diiringi dengan biola, yang hingga saat ini dijadikan lagu kebangsaan Indonesia.

  1. Amir Syarifuddin Harahap

Amir Syarifuddin Harahap adalah pemuda yang berasal dari Jong Batak atau pemuda dari Batak.

Beliau merupakan salah seorang pemuda yang aktif menyumbangkan pemikirannya untuk perumusan sumpah Pemuda, pada saat itu beliau bertugas sebagai Bendahara Kongres Pemuda Indonesia.

  1. Sie Kong Liong

Sie Kong Liong adalah pemuda keturunan Tionghoa, beliau mempunyai peran yang penting dalam kelancaran Kongres Pemuda pada saat itu.

Beliaulah yang telah menyediakan rumahnya sebagai tempat dilaksanakannya Kongres Pemuda. Rumah tersebut kini jadikan Museum Sumpah Pemuda, terletak di Jalan Kramat No.106, Jakarta Pusat.

  1. Sarmidi Mangoensarkoro

Sarmidi Mangoensarkoro adalah pejuang di bidang pendidikan, beliau ikut tampil sebagai pembicara pada Kongres Pemuda.

Beliau menyampaikan pidato tentang Pendidikan Nasional, yang mengemukakan bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan dan dididik secara demokratis, serta perlunya keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah.

  1. Soenario Sastrowardoyo

Soenario Sastrowardoyo merupakan pengacara yang aktif membela para aktivis pergerakan yang berurusan dengan polisi Hindia Belanda.

Pada saat kongres pemuda berlangsung beliau berkesempatan melakukan pidato dengan tema pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia.

  1. Djoko Marsaid

Djoko Marsaid merupakan perwakilan dari Jong Java, Beliau merupakan wakil ketua Kongres Pemuda mendampingi Soegondo Djojopuspito.

  1. Johannes Leimena

Johanes Leimena adalah salah satu anggota Kongres Pemuda yang merupakan perwakilan dari Jong Ambon.

  1. Kartosiewirjo

Kartosiewirjo atau Sekarmadji Maridjan Kartosiewirjo merupakan aktivis yang pernah mengenyam pendidikan di Eropa.

  1. Kasman Singodimedjo

Kasman Singodimedjo merupakan pemuda yang merintis adanya Pramuka di Indonesia, beliau juga dikenal sebagai orator yang ulung.

  1. Mohammad Roem

Mohammad Roem adalah seorang mahasiswa di bidang hukum yang juga aktif dalam perkumpulan pemuda Indonesia.

  1. A.K Gani

A.K Gani atau Adnan Kapau Gani adalah Jong Sumatran Bond yang merupakan perwakilan dari Palembang, beliau juga merupakan seorang dokter.(***)