Senin | 29 November 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Waspadalah Jika Tercium 5 Bau di Dalam Rumah Anda, Ini Bisa Bertanda Bahaya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Indera penciuman kita bisa lebih sensitif daripada barang paling canggih kekinian. Jadi perhatikan sekitar rumahmu jika hidung Anda mencium bau sesuatu.

Saat mencium bau yang tidak enak di dalam rumah, hendaklah waspada dan tidak menyepelakannya. Bisa jadi ini peringatan agar Anda menghentikannya sebelum bencana terjadi di rumahmu.

Kita perlu mengenali tanda-tanda bau agar kita bisa waspada. Berikut lima tanda bau yang tidak boleh diabaikan, sebagaimana dilansir dari laman Readers Digest.

  1. Bau gas

Jika kamu mencium bau seperti telur busuk, kamu berada dalam kebocoran gas yang dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan.

Cek terlebih dahulu penyebab kebocoran gas tersebut, lalu kemudian hubungi tetangga untuk meminta bantuan, segera mematikan lampu atau peralatan yang dapat menimbulkan percikan api.

  1. Bau kamar mandi

Jika kamu mencium bau seperti pengolahan limbah, mungkin kamu mengalami kebocoran gas pada saluran pembuanganmu.

Ini mengandung komponen beracun dan berpotensi meledak, seperti hidrogen sulfida, yang dapat menyebabkan masalah mulai dari iritasi pada mata hingga pingsan.

Selain itu ada metana yang dapat menguras oksigen mengarah ke sesak nafas.

Hal ini biasa terjadi karena kamar mandi yang jarang digunakan. Jika kamar mandi tidak digunakan, air bisa menguap dan memungkinkan bau busuk.

Caranya kamu tuangkan secangkir air ke saluran pembuangan kamar mandi, untuk efektivitas ektra tambahkan satu sendok teh minyak sayur untuk menghentikan penguapan.

Namun jika ini tidak berhasil, segera menghubungi tukang ledeng untuk mengetahui masalah lebih lanjut.

  1. Bau Amis

Jika kamu mencium bau amis pada rumahmu padahal kamu tidak membeli makanan laut, ini bisa jadi tanda kemungkinan perlengkapan listrik di rumahmu terlalu panas.

Bau amis ini dapat diartikan bahwa plastik, karet atau bahan lainnya dirumahmu bermasalah yaitu meleleh, jika kamu mengabaikannya terlalu lama ini menyebabkan kebakaran.

Untuk memastikannya sebaiknya kamu menghubungi ahli perbaikan, untuk menentukan apakah ini harus diperbaiki atau perlu diganti.

  1. Bau asap

Bau asap yang kuat menyebabkan kepanikan, jika kamu mencium sesekali saat menggunakan lampu atau alat tertentu, ini bisa jadi asap listrik di balik lampu langit-langit, atau asap listrik dibalik dinding.

Segera hubungi teknisi listrik untuk mengeceknya dan menghindari masalah ini di kemudian hari.

  1. Bau seperti anjing kotor

Jika kamu mencium bau seperti anjing yang perlu dimandikan, padahal kamu tidak memiliki anjing, kamu memiliki hewan pengerat atau tupai pada loteng rumahmu.

Jika kamu menemukan kotoran pada loteng rumahmu, segera pindahkan dan bersihkan kotoran tersebut, dan membeli perangkap. Jangan lupa hubungi ahli pengendalian hama untuk berkonsultasi.

Itulah tanda bau yang bisa kamu atasi, agar menjaga rumahmu tetap aman dan segar untuk dihuni, semoga bermanfaat. (***)