Sabtu | 02 Juli 2022 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Benarkah Air Kelapa Bisa Hilangkan Efek Vaksin? Ini Penjelasan dr Edi Hidayat

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Ada sebagian orang tidak ingin ikut vaksin karena alasan tertentu. Lalu, muncul kabar kalau efek vaksin dapat hilang dengan cara meminum air kelapa.

Meminum air kelapa dapat menghilangkan efek vaksin? Dokter penyakit dalam dari Kabupaten Nagan Raya, Aceh, yaitu dr Edi Hidayat memberikan penjelasan.

Dia mengatakan kebiasaan tersebut sebaiknya dihentikan oleh masyarakat lantaran anggapan minum air kelapa bisa menghilangkan efek vaksin tidaklah benar atau mitos belaka.

“Jadi, fenomena ramai-ramai minum air kelapa untuk mencegah fungsi vaksin itu sebaiknya dihentikan. Karena fungsi vaksin yang masuk ke tubuh tetap ada,” katanya dilaporkan Antara.

Dia lalu menyebutkan bahwa tidak ada kaitannya atau relevansi soal minum air kelapa dengan menghilangkan efek vaksin sesudah disuntik vaksin Covid-19.

Lebih lanjut, dr. Edi Hidayat juga menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 yang disuntikkan ke masyarakat tersebut bukanlah racun seperti anggapan masyarakat termasuk di Aceh.

Kandungan yang terdapat di dalam vaksin Covid-19 tersebut adalah antigen dengan tujuan dapat membentuk antibodi agar imunitas seseorang bisa kuat dan kebal terhadap virus terutama Covid-19.

“Jadi, jangan berpikir minum air kelapa untuk menetralisasi racun. Vaksin itu bukan racun,” ujar dr. Edi Hidayat menegaskan.(***)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul Air Kelapa Hilangkan Efek Vaksin, Benarkah? Ini Penjelasan dr Edi Hidayat