Kamis | 09 Desember 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Dilarang! Jangan Lakukan Hal Ini saat Ziarah Kubur

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Berikut ini merupakan hal yang sangat dilarang saat Anda ziarah kubur menurut Ustad Adi Hidayat.

Ziarah kubur sangat dianjurkan dengan tujuan untuk menginggat setiap makluk hidup pasti akan kembali pada-Nya.

Zoarah kubur merupakan bentuk kegiatan mengunjungi makam atau kuburan dengan maksud mendoakan orang yang sudah wafat.

Lantas, hal apa saja yang dilarang saat ziarah kubur karwna bisa menjadi haram hukumnya? Begini penjelasan Ustad Adi Hidayat atau UAH di kanal YouTube Audio Dakwah yang diunggah 10 April 2018.

“Bolehkah mengunjungi orang yang sudah wafat? Boleh, berkunjung ke kuburnya. Yang dilakukan yaitu mendoakan mereka yang sudah wafat,” kata Ustad Adi Hidayat.

Jadi ziarah kubur itu hukumnya adalah boleh dilakukan. Dan yang dilakukan ketika ziarah kubur adalah mendoakan orang yang wafat.

Ketika ziarah kubur, yang pertama dilakukan adalah salam. Bahkan ketika ke Madinah, lewat di makamnya Rasulullah dan para sahabat, ucapkan salam.

Kemudian doakan mereka ‘Ya Allah alirkan pahala bagi mereka, muliakan mereka yang telah membawa risalah dakwah ke Nusantara. Ya Allah muliakan keluarganya. Ya Allah berilah kekuatan kepada keluarganya’.

“Itulah ziarah kubur. Lalu berdoalah. Ya Allah kami sadar kapanpun kami bisa diwafatkan. Maka wafatkan kami dalam keadaan yang terbaik Ya Allah,” ucap Ustadz Adi Hidayat mencontohkan sebuah doa ketika ziarah kubur.

Cara terbaik untuk meningkatkan iman salah satunya dengan mengunjungi atau ziarah kubur agar ingat pada kematian.

Lebih lanjut, Ustadz Adi Hidayat mengatakan yang tidak boleh dilakukan adalah meminta-minta ke kuburan. Karena meminta hanyalah kepada Allah

“Yang tidak boleh, minta-minta di kuburan. Jadi yang dilarang itu minta-minta pada yang tidak dibenarkan. Kalau ziarahnya tidak ada masalah,” ucap Ustadz Adi Hidayat. (***)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul Ingat! Hal Ini Sangat Dilarang saat Ziarah Kubur