Kamis | 09 Desember 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Dukung Program Pemerintah, Polbeng Resmi Gunakan Listrik Hybrid

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis — Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah, Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) resmi gunakan listrik hybrid.

Peresmian tersebut ditandai dengan koneksi antara Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan PLN untuk Gedung Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Gedung Utama yang dilaksanakan di Halaman Gedung Baru Polbeng, Jalan Bathin Alam Bengkalis, Jumat, 26 November 2021.

“Polbeng ingin menjadi pelopor dalam penerapan teknologi ramah lingkungan khususnya dalam menyediakan energi terbarukan,” ujar Direktur Polbeng Johny Custer, ST, MT.

Johny menjelaskan bahwa permasalahan energi saat ini menjadi alasan utama mengapa penggunaan energi tenaga surya sangat dibutuhkan.

Johny juga menjelaskan bahwa Indonesia telah berkomitmen dalam Paris Agreement untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, dengan target sebesar 29% pada tahun 2030.

Pembangunan sektor energi baru dan terbarukan, lanjut Johny, merupakan salah satu aksi mitigasi dalam menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) dan mendukung energi yang berkelanjutan.

Maka itu, kata Johny lagi, posisi Indonesia sebagai negara beriklim tropis yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun dan kekayaan alam Pasir Silika merupakan anugerah yang harus dioptimalkan.

“Potensi pengembangan energi surya yang dimiliki Indonesia sangatlah besar. Maka itu Polbeng ingin menjadi pelopor sehingga dapat menjadi solusi sumber energi untuk daerah terpencil yang tidak terhubung secara nasional,” ujar Johny.

Lebih lanjut Johny mengatakan bahwa pihak Polbeng telah menjalin kerja sama dengan PT. Papa Solar dan SUN untuk membangun PLTS di beberapa gedung Polbeng.

“Tahap awal sudah dipasang 118 KW beat dan sudah mulai difungsikan,” terang Johny.

Johny berharap, dalam menjalankan sistim pembangkit listrik tenaga surya tersebut, pihak penyedia juga melibatkan mahasiswa dan alumni Polbeng dalam pengoperasiannya ke depan.

“Mudah-mudahan semua ini bisa dijadikan objek belajar dan objek penelitian bagi dosen dan mahasiswa demi kemajuan kampus tercinta ini serta sebagai komitmen Polbeng dalam mendukung program pemerintah dalam hal konversi BBM ke energi terbarukan,” pungkas Johny.