Kamis | 09 Desember 2021 |
×

Pencarian

TEKNOLOGI

Ingin Laptop Awet digunakan? Hindari 6 Kebiasaan Ini

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Komputer jinjing atau lazim disebuat laptop bagi sebagian orang saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar untuk membantu memperlancar pekerjaan sehari-hari.

Jika kebutuhan dasar memperlancar kerja kita tidak terpenuhi, maka akan sangat terasa dampaknya. Misalnya karena rusak atau hilang.

Tanpa disadari ada kebiasan buruk yang sering seseorang lakukan menyebabkan laptop kita cepat rusak. Kebiasan ini kadang sering kita lakukan namun disepelekan.

Nah, berikut ada enam penyebab kebiasaan laptop kita cepat rusak yang harus dihindari. Tentunya agar laptop kesayangaan kita bisa awet dan berumur panjang.

Seperti dilansir PortalJember.com dari kanal YouTube Nerd Reviews ID yang diunggah pada 24 November 2018, berikut 6 kebiasaan yang perlu dihindari.

1 Berlari dalam kondisi laptop ada dalam tas

Mungkin, kalau laptop sudah memakai SSD tidak ada masalah, tapi berlari membawa tas berisikan laptop yang masih memakai harddisk dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk.

Kebiasaan ini perlu dihindari karena bisa berakibat fatal.

2 Meletakkan sembarangan tas yang berisi laptop

Sangat tidak disarankan meletakkan tas sembarangan, karena posisi laptop di dalam tas ikut terguncang. Sehingga, jika sering dilakukan dapat merusak hard disk pada laptop.

3 Suhu panas dan kebersihan laptop

Hindari penggunaan laptop yang mengakibatkan laptop cepat panas. Suhu panas laptop bisa membuat laptop tidak awet.

Salah satu hal yang bisa buat laptop panas ketika ventilasi laptop terblokir karena sesuatu, misalnya menggunakan laptop di atas bantal, selimut ataupun tempat tidur, hal ini juga bisa buat baterai laptop cepat rusak.

Selain itu, kebersihan juga harus diperhatikan ketika mengoperasikan laptop. Bisa jadi debu dari tempat tersebut masuk melalui ventilasi laptop, sehingga laptop lebih cepat panas.

Ketika laptop sudah kotor, usahakan ventilasi laptop dibersihkan ke tukang service agar terhindar dari overheating.

Disarankan untuk menggunakan laptop di tempat yang datar dan bersih.

4 Menyimpan laptop dengan barang lain dalam tas

Penyimpanan laptop di dalam tas, sebaiknya dipisah apabila terdapat barang lain di dalamnya, seperti charger, mouse, pulpen, gunting atau buku.

Hal tersebut harus dilakukan agar laptop terhindar dari lecet.

5 Cabut kabel dari port laptop dengan cara digoyang-goyang

Kebiasaan mencabut kabel dari port dengan cara digoyang-goyangkan harus dihindari, hal ini dapat menyebabkan port dan kabelnya cepat longgar.

Ketika mencabut kabel pada laptop, entah itu kabel charger atau HDMI, sebisa mungkin lakukan dengan cara tarik lurus sekuat tenaga baru dicabut.

6 Sering melakukan mati nyalakan laptop

Begini Takaran Tepatnya Menurut dr Tirta

Sering melakukan hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan laptop, laptop akan cepat rusak. Jadi lebih baik di sleep.

Namun, penggunaan sleep pada laptop sebenarnya tidak ada masalah jika dalam jangka waktu sebentar tapi jika laptop ditinggal lama sebaiknya di shutdown. (***)

Artikel ini telah terbit di mediakepri.co dengan judul Simak 6 Kebiasaan yang Wajib Dihindari Agar Laptop Tetap Awet dan Panjang Umur