Kamis | 09 Desember 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Kolesterol Tinggi Bisa Diketahui dari Kaki Anda! Yuk Kenali Gejalanya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Kolesterol adalah lemak pada dasarnya diproduksi hati dan berguna untuk tubuh. Lemak yang diperoleh dari asupan makanan juga sebagai sumber energi tubuh.

Ternyata, tubuh juga membutuhkan kolesterol untuk memproduksi sel-sel sehat dan sejumlah hormon.

Hanya saja, kadar kolesterol dalam tubuh tidak boleh terlalu tinggi karena ini berarti Anda memiliki terlalu banyak kolesterol jahat (LDL). Ini dapat dilihat dari tanda di kaki Anda.

Seseorang beresiko terkena kolesterol tinggi jika menjalani pola hidup yang tidak sehat, seperti banyak makan makanan yang berlemak hewani dan juga merokok.

Kolesterol jahat menempel pada bagian dalam arteri sehingga meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah.

Kolesterol jahat yang menyumbat tersebut sangat berisiko terhadap penyakit lainnya, terutama menyebabkan serangan jantung.

Menurut Cardiovascular Institute of the South (CIS), kondisi atau tanda-tanda adanya kolesterol tinggi adalah bisa dilihat dari kaki.

“Meskipun mungkin tidak ada tanda-tanda fisik, ada beberapa gejala yang dicatat terjadi pada penderita penyumbatan arteri ini,” kata CIS.

Setiap penderita kolesterol tinggi harus waspada dalam perawatan arteri mereka setiap saat.

Sekecil apapun tanda-tandanya harus ditangani sedini mungkin.

Tanda-tanda yang dimaksud termasuk kram yang menyakitkan di kaki, mari rasa atau kelemahan pada kaki, pertumbuhan rambut lambat di kaki, rasa dingin di kaki bagian bawah atau di satu sisi, dan denyut nadi lemah di kaki.

Penting untuk diketahui bahwa para penderita kolesterol tinggi tidak akan merasakan tanda-tanda apalagi di awal.

Anda hanya akan mengetahui bahwa anda menderita kolesterol tinggi dengan cara tes darah.

Kram hingga Mati Rasa di Kaki Bisa Jadi Tanda Mengidap Kolesterol Tinggi, Simak Penjelasannya. (***)

Artikel ini sudah terbit dengan judul Kolesterol Tinggi Bisa Diketahui dari Kaki Anda! Simak Agar Penyakit Serius Menghindar