Kamis | 09 Desember 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Kuat di Perundangan RI, MUI Tidak Bisa Sembarangan Dibubarkan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki posisi yang kuat di tatanan organisasi di negeri ini dan kemungkinan dibubarkan tak bisa dengan sembarangan.

Ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI (Menko Polhukam) Mahfud MD terkait kedudukan MUI tersebut.

Mahfud menilai kedudukan MUI saat ini sangat kokoh lantaran telah disebut dalam pelbagai peraturan perundang-undangan.

“Kedudukan MUI itu sudah sangat kokoh karena sudah disebut di dalam beberapa peraturan perundang-undangan,” kata Mahfud MD, seperti dikutip dari cuitan @mohmahfudmd pada 20 November 2021.

“Misal di dalam UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (Pasal 1.7 dan Pasal 7.c). Juga di Pasal 32 (2) UU No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah,” ucapnya menegaskan.

Dengan demikian, menurutnya posisi Lembaga Swadaya Masyarakat tersebut tak dapat sembarang dibubarkan.

Diberitakan sebelumnya, Menko Polhukam mengajak publik tak berpikir agar MUI perlu dibubarkan.

Dia juga meminta agar jangan memprovokasi dengan mengatakan bahwa Pemerintah menyerang MUI.

Menurutnya, pandangan tersebut merupakan provokasi yang bukan bersumber dari pemahaman terkait dengan peristiwa yang terjadi, melainkan dari khayalan.

Sementara itu, keberadaan MUI menurut Staf Khusus Presiden Aminuddin Maruf sangat dibutuhkan umat Islam dan pemerintah.

Stafsus Presiden tersebut menyebut, pemerintah menilai MUI sebagai lembaga yang penting terlebih dalam menjaga akidah, moral, dan akhlak umat. (***)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul MUI Tidak Bisa Sembarangan Dibubarkan, Mahfud MD Sebut Posisinya Kuat di Perundangan