Kamis | 09 Desember 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Pelihara Binatang ini Dapat Mengurangi Pahala, Ini Penjelasan Ustad Abdul Somad

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Sebagian orang memiliki hobi memelihara anek binatang. Baik binatang ternak atau pun kategori binatang peliharaan seperti kucing, kelinci, dan sebagainya.

Memelihara hewan di rumah merupakan salah satu cara orang tua melatih kebiasaan postif anak dengan menanamkan kebiasaan bertanggung jawab.

Saat memelihara hewan ini di rumah, kita belajar tanggung jawab untuk memberi makan dan minum setiap saat serta merawat dengan kasih sayang.

Bahkan dalam ajaran Islam, mengasihi binatang adalah salah satu bentuk amal ibadah dan mendatangkan pahala bagi pelakunya.

Meski memiliki dampak positif, nyatanya tidak semua hewan bisa dipelihara oleh manusia, terlebih tanpa tujuan atau kepentingan tertentu.

Ustad Abdul Somad memberikan penjelasan tentang binatang apa saja yang tidak boleh dipelihara, atau pilihannya amal ibadahnya akan dikurangi sebesar Bukit Uhud setiap hari.

Ada jenis binatang yang tak boleh dipelihara, bahkan dapat mengurangi amal atau pahala.

Hewan apa yang dimaksud? Simak ceramah Ustadz Abdul Somad.

Dalam suatu kesempatan, Ustadz Abdul Somad menyampaikan materi tentang hewan. Ia pun mengisahkan perempuan ahli maksiat yang menolong anjing.

“Seorang perempuan ahli maksiat melihat seekor anjing menjulurkan lidah,” ujarnya, dikutip PortalJember.com dari video YouTube As-salam Studio, 14 September 2020.

Ustadz Abdul Somad mengungkapkan bahwa sang anjing tampak kehausan. Kemudian perempuan ahli maksiat tersebut merasa tidak tega.

“Diambilnya sepatunya, lalu diambilnya air dan dia berikan minum ke seekor anjing maka Allah SWT mengampunkan dosa-dosanya,” ungkapnya.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan perempuan tersebut diampuni dosa-dosanya karena memiliki rasa kasih sayang pada seekor anjing kehausan.

Meski demikian, Ustadz Abdul Somad menegaskan kisah dari hadist shahih tersebut bukan berarti membenarkan alasan untuk memelihara anjing di rumah.

Pasalnya, hadist tersebut meriwayatkan kisah pada zaman Bani Israil, sebelum zaman kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Adapun sekarang, siapa yang memelihara Anjing di antara bapak ibu, setiap hari amalnya dikurangi sebesar Bukit Uhud,” pungkasnya. (***)

Artikel ini sudah terbit di mediakperi.co dengan judul Ustad Abdul Somad Sebut Pelihara Binatang ini Dapat Mengurangi Pahala Sebesar Bukit Uhud