Kamis | 09 Desember 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Tips Ampuh ala dr Aisyah Dahlan untuk Mengatasi Anak yang Nakal

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Dalam sebuah keluarga, ada saja salah satu dari anak kita yang nakal dan bandel sehingga seolah menjadi beban dalam rumah tangga dan keluarga.

Kasus ini banyak dialami keluarga di Indonesia.

Sebenarnya ini disebabkan karena kesalahan cara orangtua dalam mendidik anaknya.

Seperti diungkapkan dr Aisyah Dahlan dalam video YouTube di chanel Pecinta dr Aisah Dahlan, CHt, misalnya selalu memarahinya dengan kasar atau menghardiknya, karena di sana ada kebencian.

“Akhirnya anak tidak betah di rumah, anak menjauh. Lalu keluar rumah dan bertemu dengan pergaulan yang tidak baik, akhirnya jadi nakal dan bandel. Bisa jadi narkoba, LGBT, tawuran, dan lainnya,” jelas dr Aisyah Dahlan di video tersebut.

Lalu ada pertanyaan, jika orangtua sudah merasa lemah lembut menasehatinya, namun si anak itu tak mau dengar dan tetap saja menjadi nakal dan bandel?

“Orangtua hanya perlu memohon kepada Allah berupa pengampunan. Mohonlah kepada Allah, ya Allah ampunkan anakku ini ya Allah. Sebut namanya. Fulan bin fulan. Fulan binti Fulan. Ampuni dia ya Allah,” jelas dr Aisyah Dahlan CHt.

Merujuk pada surat Ali Imran ayat 159, dr Aisyah Dahlan mengingatkan agar dipraktekkan.

“Sebab, jika kita sudah memaafkan dan mengampuni anak kita, maka Rahmat Allah juga akan turun pada anak itu. Selain juga (Rahmat Allah) turun kepada orangtuanya,” jelasnya.

Setelah itu, katanya, inshaAllah anak akan kembali bersama keluarga, lalu bermusyarawahlah dengan si anak terkait permasalahan itu. “Lalu bertawakallah,” ungkapnya. (***)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul Ini Cara Ampuh Mengatasi Anak yang Nakal, dr Aisyah Dahlan: Doakan dan Maafkanlah