Sabtu | 02 Juli 2022 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Buat SIM C di Indonesia Terlampau Sulit, Netizen: Sengaja Biar Pada Nembak

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Ada video yang sedang viral di media sosial saat ini yang memperlihatkan perbandingan ujian mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM C) di Indonesia dan Taiwan.

Dalam video yang beredar tersebut, seorang netizen membandingkan ujian pembuatan SIM C yang ada di Indonesia dengan di Taiwan.

Setelah membandingkan, banyak netizen yang mengungkapkan keheranannya dengan ujian SIM C yang dilakukan di Indonesia.

Pasalnya, ujian pembuatan SIM C di Indonesia harus melalui rintangan yang teramat sulit jika dibandingkan dengan Taiwan.

Video perbandingan ujian pembuatan SIM C di Indonesia dengan di Taiwan itu diunggah oleh salah satu akun Twitter @txtdrbekasi pada Kamis, 9 Desember 2021.

Dalam video itu, ujian pembuatan SIM C di Indonesia mengharuskan pengendara sepeda motor harus mampu meliuk-liuk melalui rintangan angka ‘8’ tanpa jatuh ke tanah atau menyentuh pembatas.

Sementara, ujian pembuatan SIM C di Taiwan lebih berfokus pada pengenalan dan tata tertib berlalu lintas.

Menanggapi fenomena tersebut, tidak sedikit netizen yang menyoroti terkait sulitnya ujian SIM C di Indonesia dibandingkan dengan Taiwan.

Tidak sedikit netizen yang beranggapan ujian SIM C sengaja dipersulit agar para pemohon menggunakan jasa calo dalam proses pembuatannya.

Ada juga yang menyindir dengan mengatakan ujian pembuatan SIM C di Indonesia disesuaikan dengan infrastruktu jalan yang berlubang dan rusak.

“Sebenernya bagus juga buat ngetes kemampuan handling kendaraan si calon pemegang sim, sih.”

“Di jalan raya pasti ada momen harus rem mendadak dan banting setir, entah menghindari abang-abang hokben atau orang berkendara sambil hapean,” tulis akun @bukan_panda..

“Kenapa harus zigzag? waktu ada jalan berlubang kita bisa lsg manuver. Kenapa angka 8? waktu didepan ada razia bisa lsg puter balik,” tulis akun @ebrahamsss.

“Betul skill nrobos lampu merah, skill muter balek padal sudah ada larangan puter balek, skil berhenti dilampu meraah,” tulis akun @Slamet0504.

“Emang sengaja dibikin susah biar pada nembak,” tulis akun @dummiesmill.

“Di indonesia banyak sekali jalan yang ruksak,, Latihan seperti ini sangat berguna untuk menghindari jemblongan di jalan,” tulis akun @akbarfebrian435.

Hingga artikel ini ditulis, sudah ada sebanyak kurang lebih 3 ribu yang mencuitkan SIM C. (akbar)

Artikel ini telah terbit di mediakepri.co dengan judul Dibanding Taiwan, Buat SIM C di Indonesia Terlampau Sulit! Netizen: Sengaja Biar Pada Nembak