Kamis | 30 Juni 2022 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Ini Tanggapan Gubernur Jabar Ridwan Kamil Terkait Varian Omicron yang Masuk di Indonesia

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah mengumumkan bahwa kasus positif varian Omicron telah ditemukan di Indonesia.

Terkait hal tersebut berbagai provinsi di Indonesia melakukan langkah antisipasi terhadap potensi penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Vasrian Omicron ini dinilai mempunyai kemampuan penyebaran yang cepat dari varian Covid-19 lainnya.

Menanggapi hal tersebut Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melakukan sejumlah antisipasi terhadap potensi penyebaran Omicron di pemerintahan wilayahnya.

Ridwan Kamil juga mengklaim telah mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait berbagai upaya penanganan atas ditemukannya kasus varian Omicron di tanah air.

Hal ini disampaikan Ridwan Kamil melalui vicon bersama Presiden RI di Gedung Pakuan, 16 Desember 2021.

“Ada tiga arahan dari presiden, satu Omicron sudah masuk ke Jakarta, kita diminta mengecek semua kesiapan seperti rumah sakit, oksigen…Alhamdulillah Jabar sudah siap.” ujar Ridwan Kamil, dikutip dari Pikiran-Rakyat.com.

“Kedua, presiden meminta vaksinasi target Desember akhir 70 persen” lanjutnya.

“Dan yang ketiga, presiden mengingatkan di akhir tahun untuk mengantisipasi kombinasi cuaca buruk, libur natal dan tahun baru, meminta semua bersiaga memastikan masyarakat terjaga,” tambahnya.

Menurut Ridwan Kamil, umumya penanganan kasus varian Omicron tersebut tidak berbeda dengan Covid-19 varian Delta atau varian sebelumnya, yang terpenting tentang bagaimana caranya agar protokol kesehatan dapat terjaga dengan baik.

“Kuncinya tetap protokol kesehatan” tegas Ridwan Kamil. (dodi)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co Varian Omicron Ditemukan Di Indonesia, Begini Tanggapan Gubernur Jabar Ridwan Kamil