Minggu | 03 Juli 2022 |
×

Pencarian

PARIWISATA

Jagalah Kesehatan, Lakukan Hal Ini Setiap Habis Makan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Para pakar kesehatan banyak yang mewanti-wanti agar menghindari makan gorengan. Pasalnya, makan itu masuk kategori kurang sehat bagi tubuh.

Hanya saja, terkadang kita sulit menolak makan gorengan karena dijamu teman atau kerabat saat bertamu di rumahnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan setelah makan gorengan agar efek kurang sehat bagi tubuh itu dapat dikurangi?

Mengutip DokterSehat, setelah mengkonsumsi gorengan salah satunya minum minuman yang sehat untuk menetralisir efek buruknya.

Dan lakukan juga beberapa cara menetralisir lemak setelah makan gorengan, seperti paparan berikut ini:

Sarapan Sehat Tinggi Serat Keesokan Harinya.

Serat akan membantu membuang lemak yang terlanjur masuk ke pencernaan akibat memakan makanan yang digoreng.

Serat juga akan menyerap zat racun dan memperlancar pembuangan zat sisa dari sistem pencernaan sehingga tubuh akan lebih sehat.

Olahraga

Sedianya kita memang harus berolahraga setiap hari, bukan hanya setelah memakan gorengan.

Namun ketika makan gorengan, sebaiknya lakukan olahraga agar tubuh lebih mudah membuang zat berbahaya akibat minyak dan lemak dari makan gorengan.

Makan Buah dan Sayur Lebih Banyak

Selain menjadikannya jus atau smoothie, buah dan sayur juga dapat dikonsumsi dengan banyak cara.

Semangkuk sayur rebus, sop, atau lalapan setelah makan gorengan akan membantu tubuh menetralisir zat tidak baik yang masuk.

Untuk buah-buahan, dapat dikonsumsi dalam bentuk buah potong, salad buah, sop buah, atau rujak yang segar dan menggugah selera.

Tidak Langsung Tidur Setelah Makan

Langsung tidur setelah makan akan menghambat kerja pencernaan. Organ dalam tubuh akan melambat dan menjadi rileks saat seseorang tidur, termasuk sistem pencernaan.

Hal ini akan membuat tubuh menyimpan zat racun lebih lama. Sebaiknya aturlah jam makan termasuk waktu ngemil agar tidak terlalu mepet dengan jam tidur.

Paling tidak 2 jam sebelum tidur jangan lagi makan makanan tinggi karbohidrat, gula, dan lemak.

Dan 30 menit sebelum tidur sebaiknya tidak lagi mengkonsumsi makanan apapun agar pencernaan tidak bekerja terlalu keras.

Menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan sehat sangat penting agar tubuh terhindar dari penyakit degeneratif.

Mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan atau makanan cepat saji boleh-boleh saja asalkan tidak sering serta dalam jumlah terbatas.

Terakhir, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi minuman yang bagus setelah makan gorengan, serta melakukan tips di atas untuk membuang racun akibat makanan yang digoreng. (***)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul Agar Tetap Sehat, Bolehkah Kita Makan Gorengan? Boleh, Asalkan Ikuti Tips Berikut ini