Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

EKONOMI POLITIK

Jelang Pilres 2024, Ini Dua Nama Capres RI yang Raih Elektabilitas Tertinggi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Lembaga survei Polmatrix Indonesia telah melakukan survei Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hasilnya, dua nama tokoh nasional menempati elektabilitas tertinggi.

Nama-nama yang disurvey di antaranya; Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno dan beberapa nama lainnya, seperti Puan Maharani, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Airlangga Hartarto.

Dendik mengatakan, dari survei yang dilakukan terhadap 2.000 responden, elektabilitas untuk Prabowo Subianto cenderung stabil.

Dari hasil survey tersebut, nama Menteri Pertahanan RI (Menhan), Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi.

Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi sebesar 19,5 persen, lalu diikuti Ganjar Pranowo dengan 19,2 persen.

“Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo muncul sebagai dua capres (calon presiden) terkuat. Prabowo kembali unggul,” kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto, Minggu 5 Desember 2021.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (10,6 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (10,1 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (7,5 persen).

Sedangkan elektabilitas untuk Ganjar Pranowo mengalami tren yang meningkat dalam setiap waktunya.

“Tetapi, jika PDIP tidak mendukung Ganjar, peluang untuk maju sebagai Capres dari partai lain terbuka lebar selama tren elektabilitas Ganjar terus bergerak naik,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, Ganjar adalah kader PDIP dan di dalam partainya juga ada nama Puan Maharani yang diproyeksikan maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Dendik menambahkan, tiga tokoh ini berpotensi membentuk poros ketiga dalam perhelatan Pilpres 2021.

Sementara itu, nama-nama figur yang memiliki elektabilitas di bawah 5 persen pun mampu mendorong diri mereka menjadi calon wakil presiden.

“Figur-figur dengan elektabilitas rendah berpeluang maju sebagai calon wakil presiden, sebut saja Puan, AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), dan Airlangga,” sebut Dendik. (akbar)

Artikel ini telah terbit di mediakepri.co dengan judul Ini Dia Dua Nama Capres RI yang Raih Elektabilitas Tertinggi Jelang Pilres 2024