Sabtu | 13 Agustus 2022 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Sejarah Peringatan Hari Gunung Internasional, dan Kecemasan Erupsi Semeru

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pada tanggal 11 Desember dunia internasional memperingati Hari Gunung Internasional, peringatan tersebut tidak terlepas dari sektor pariwisata yang cukup menyumbang wisata global.

Mengutip situs resmi PBB Peringatan Hari Gunung Internasional bermula pada tahun 1992, di mana saat itu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tengah pengikuti agenda terkait lingkungan hidup dan pembangunan.

Saat itu PBB melihat adanya peningkatan perhatian masyatakat terhadap gunung, hingga akhirnya di tahun 2003 PBB menyatakan secara resmi peringatan Hari Gunung Internasional ditetapkan pada setiap tanggal 11 Desember dalam setiap tahunnya.

Dikutip dari situs FAO, PBB dengan sungguh-sungguh berupaya menciptakan kesadaran pentingnya gunung bagi kehidupan.

Di tahun 2021 ini Hari Gunung Internasional mengambil tema ‘Wisata Gunung Berkelanjutan’, tema tersebut diambil karena sektor pariwisata berkelanjutan di pegunungan dapat berkontribusi membangun lapangan kerja, mengentaskan kemiskinan serta konservasi keanekaragaman hayati.

PBB melihat wisata pegunungan telah menyerap sekitar 20 persen pariwisata global.

Namun demikian dalam peringatan Hari Gunung Internasional tahun ini, masyarakat Lumajang Jawa Timur khususnya . Masih diselimuti kecemasan serta kesedihan atas terjadinya erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 lalu.

Tidak sedikit masyarakat sekitar yang menjadi korban atas terjadinya erupsi dahsyat Gunung Semeru tersebut, hingga perlunya rasa kepedulian teehadap para warga yang terdampak. (dodi)

Artikel ini sudah terbit di mediakepri.co dengan judul Kecemasan Erupsi Semeru di Peringatan Hari Gunung Internasional