Minggu | 14 Agustus 2022 |
×

Pencarian

TANJUNG PINANG

Selama Nataru, Ruang Publik dan Taman-Taman di Kota Tanjungpinang Ditutup

MEDIAKEPRI.CO.ID –  Guna menghindari penyebaran Covid-19 di Kota Tanjungpinang saat Nataru 2021-2022, seluruh ruang publik dan taman-taman ditutup.

Pentupan ruang publik tepatnya pada tanggal 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Tanjungpinang, Teguh Susanto membenarkan kebijakan tersebut.

Teguh menjelaskan selama periode Natal dan Tahun Baru 2022 berlaku pembatasan-pembatasan baru yang mengatur aktivitas masyarakat.

“Terutama pada tanggal 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, seluruh ruang publik, taman-taman kota, dan tempat-tempat yang biasanya menjadi tempat berkumpul warga dinyatakan ditutup, “ujar Teguh.

Keputusan itu katanya diatur dalam Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021, dan Surat Edaran Walikota Tanjungpinang Nomor 443.1/1482/6.2.03/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Biasanya masyarakat berkumpul untuk merayakan malam pergantian tahun pada ruang-ruang publik, dan taman kota. Sesuai dengan ketentuan Inmendagri dan Surat Edaran Walikota, pada tanggal 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 tempat-tempat tersebut dinyatakan ditutup, “sebutnya.

Tujuannya sambung Teguh sebagai langkah antisipasi dan pencegahan penularan Covid-19.

Disamping itu, Teguh menginformasikan Satpol PP Kota Tanjungpinang telah menyusun agenda pelaksanaan tugas terkait pelaksanaan Surat Edaran Walikota.

DPada perayaan Natal 2021 katanya, Satpol PP akan melaksanakan pengamanan di 16 gereja yang bernaung di bawah Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kota Tanjungpinang.

“Masing-masing gereja akan dijaga oleh 2 personel Satpol PP ditambah dengan anggota Tim Gabungan Pemko Tanjungpinang, “katanya.

Penempatan personel Satpol PP tersebut kata Teguh, ditujukan untuk memberikan dukungan pengamanan perayaan Natal yang juga akan dilaksanakan unsur TNI/Polri.

Khusus pada tanggal 31 Desember 2021, atau menjelang perayaan Tahun Baru, Satpol PP katanya akan mengerahkan 100 personel yang terdiri dari anggota Tim Gabungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Ratusan personel tersebut akan ditempatkan di fasilitas-fasilitas umum dan taman-taman kota, “ujarnya.

Selain menempatkan petugas yang standby di ruang publik sebut Teguh, Tim Gabungan juga akan melaksanakan patroli keliling untuk menyisir ruang-ruang publik lain yang diperkirakan terjadi kerumunan massa.

 “Pada malam Tahun Baru, tempat hiburan malam hanya diperkenankan buka sampai pukul 22.00 WIB, “sebutnya.

Ia mengimbau masyarakat diminta merayakan malam pergantian tahun di lingkungan keluarga saja.

“Kami mengharapkan agar hal ini dapat dipahami bersama, bahwa tujuannya adalah untuk menjaga serta mencegah penularan varian baru Virus Covid-19 di Kota Tanjungpinang,” himbau Teguh usai menghadiri apel gabungan. (am)