Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

TEKNOLOGI

Waspada, Bug Safari 15 dapat Bocorkan Data Pribadi dan Aktivitas Penelusuran Anda

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Bug Safari 15 diketahui dapat membocorkan aktivitas penelusuran terbaru bahkan dapat mengungkapkan beberapa informasi pribadi yang terlampir di akun Google penggunanya.

Seperti dilansir dalam laman theverge.com, dan dikutip tribunews pada Senin, 17 Januari 2022, hal ini diduga berasal dari masalah penerapan IndexedDB oleh Apple, sebuah Antarmuka Pemograman Aplikasi (API) yang berfungsi untuk menyimpan data di browser penggunanya.

API adalah sekumpulan perintah, fungsi dan protokol yang digunakan programmer saat membuat suatu perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu.

Layanan sidik jari pada browser dan deteksi penipuan, FingerprintJS mengatakan jika IndexedDB API pada Safari 15 sebenarnya melanggar kebijakan asal yang sama.

Sehingga ketika sebuah situs web berinteraksi dengan database di Safari, maka database baru yang kosong akan berisi nama yang sama dibuat di semua tab dan jendela aktif lainnya dalam seri browser yang sama.

Hal ini berarti situs web lain dapat melihat nama basis data lain yang dibuat di situs lain, yang berisi detail khusus untuk identitas penggunanya.

FingerprintJS juga mencatat jika situs yang menggunakan akun Google yang digunakan pengguna seperti pada Youtube, Google Calender dan Google Keep, akan menghasilkan basis data dengan ID Pengguna Google unik penggunanya dalam namanya.

ID Pengguna Google akan memungkinkan Google dapat mengakses informasi pengguna yang tersedia secara umum, seperti gambar profil yang juga dapat diekspos oleh Bug Safari ke situs web lain. (***)