Minggu | 14 Agustus 2022 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Analogikan Suara Adzan dengan Gonggongan Anjing, Datuk Rusdi Ispandi : Menag Ngawur

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis — Menanggapi pernyataan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qaumas tentang suara adzan yang dianalogikannya dengan gonggongan anjing, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Bukit Batu, Datuk H. Rusdi Ispandi mengatakan bahwa Menteri Agama RI tersebut ngawur.

Hal itu diungkapkan oleh Datuk H. Rusdi Ispandi kepada mediakepri.co.id, melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp, Kamis malam, 24 Februari 2022.

Datuk H. Rusdi Ispandi menyatakan bahwa tak sepantasnya seorang Menteri Agama yang notabenenya beragama Islam mengeluarkan pernyataan yang terkesan menistakan suara adzan yang merupakan objek suci umat muslim.

“Adzan merupakan objek suci umat muslim. Tak sepantasnya dianalogikan dengan gonggongan anjing. Kami sangat mendukung pihak-pihak yang sudah melaporkannya ke ranah hukum. Kami juga berharap Presiden RI, Joko Widodo mengambil sikap tegas terhadap menterinya tersebut,” ungkap pria yang akrab disapa Is Dekam ini.

Is Dekam juga menyatakan bahwa LAMR Kecamatan Bukit Batu sangat mendukung hasil rapat LAMR Provinsi Riau terkait pernyataan Menag RI tersebut.

Ia menjelaskan, rapat yang dipimpin oleh Datuk Taufik Ikram Jamil itu telah menghasilkan 4 poin penting yakni :

  1. LAMR sangat menyayangkan pernyataan Menag RI, Yaqut Cholil Qaumas tentang suara adzan yang dianalogikannya dengan gonggongan anjing. Hal ini diucapkannya justeru saat berada di Pekanbaru, Riau, atau di tanah Melayu yang adatnya bersendikan syarak dan syarak bersendikan kitabullah, sedangkan adzan adalah ucapan suci umat muslim.
  2. Secara bahasa, analogi yang disebut pada butir satu di atas, menyinggung perasaan masyarakat Melayu Riau karena objek suci dan mulia dalam Islam yakni adzan dianalogikan dengan suara hewan yang tidak pantas diucapkannya.
  3. Berkaitan dengan kenyataan dua butir di atas, LAMR meminta kepada Presiden Republik Indonesia yang juga Datuk Seri Setia Amanah Negara Masyarakat Adat Melayu Riau, mengevaluasi dan mempertimbangkan kembali posisi Yaqut Cholil Qaumas selaku Menteri Agama.
  4. LAMR mendorong sekaligus mendukung pihak-pihak yang telah mengambil langkah hukum terhadap Yaqut Cholil Qaumas.

“Kami dari LAMR Bukit Batu sangat mendukung ke-4 poin hasil rapat LAMR Provinsi Riau. Semoga Allah SWT memberi ketenangan kepada umat muslim sehingga tidak terjadi keresahan serta kegaduhan karena pernyataan Menag tersebut demi persatuan dan kesatuan Bangsa ini,” pungkasnya.