Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Pemangku Kesultanan Siak Sri Indrapura Kukuhkan Pengurus KKSSI Wilayah Kecamatan Bukit Batu

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Pemangku Kesultanan Siak Sri Indrapura, diwakili oleh Raja Muda Utusan Kabupaten Bengkalis, Yang Mulia Raja Muda Tuah Abdi Jaya Jasa Negeri, Datuk Idrus bin Budin, mengukuhkan Pengurus Kekerabatan Kesultanan Siak Sri Indrapura (KKSSI) Wilayah Kecamatan Bukit Batu.

Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Minggu, 20 Februari 2022.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qoriah Sri Rahyuni yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya dilakukan pengambilan sumpah oleh Yang Mulia Raja Muda Tuah Abdi Jaya Jasa Negeri Datuk Idrus bin Budin, sekaligus pengukuhan Pengurus KKSSI Wilayah Kecamatan Bukit Batu.

Dalam sambutannya, Datuk Idrus bin Budin mengatakan, hendaknya dengan telah dikukuhkannya Pengurus KKSSI Wilayah Kecamatan Bukit Batu, kebudayaan serta adat istiadat Melayu di Kecamatan Bukit Batu akan tetap ada dan tidak pupus oleh kebudayaan asing.

“Kemajuan ilmu dan teknologi sangat berpengaruh terhadap kelestarian budaya dan adat istiadat Melayu. Maka itu, sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga serta melestarikannya dari pengaruh serta intervensi budaya asing. Mudah-mudahan keberadaan KKSSI akan semakin berkembang dan mendapat tempat dihati masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Bukit Batu ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Datuk Temenggung KKSSI Wilayah Kecamatan Bukit Batu, Wan Adri bin Wan Hasim Hasan ditempat yang sama mengucapkan terima kasih kepada Pemangku Kesultanan Siak Sri Indrapura diwakili Yang Mulia Raja Muda Tuah Abdi Jaya Jasa Negeri Datuk Idrus bin Budin yang telah mengukuhkan Pengurus KSSI Wilayah Kecamatan Bukit Batu.

Ia berharap dengan telah dikukuhkannya Kepengurusan KSSI Wilayah Kecamatan Bukit Batu tersebut, hendaknya dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah serta dapat mempertahankan norma-norma kebudayaan dan adat istiadat Melayu.

“Mudah-mudahan keberadaan KKSSI Wilayah Kecamatan Bukit Batu yang baru dikukuhkan ini, dapat menjadi mitra pemerintah yang dapat berperan aktif bagi kemajuan pembangunan daerah serta diterima dihati masyarakat dengan tetap mengedepankan adat istiadat dan kebudayaan Melayu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Bukit Batu diwakili Kanit Binmas AKP Khairul Anwar, Kepala UPT Dinas Perikanan Kecamatan Bukit Batu, Rafendi, serta Pengurus KKSSI Dumai, Pengurus KKSSI Kabupaten Siak, Pengurus KKSSI Kecamatan Bandar Laksamana serta para undangan lainnya.