Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

RIAU

Antisipasi Karlahut, Koramil Rupat Aktif Patroli Bersama Damkar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis — Untuk mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di wilayah teritorinya, jajaran Koramil 04/Rupat, Kodim 0303/Bengkalis, aktif melakukan patroli.

Patroli karlahut kali ini dilakukan oleh Serma Sihol Sinaga bersama rekannya dan personil Pemadam Kebakaran (Damkar) di Desa Sri Tanjung, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Sabtu, 05 Maret 2022.

Dalam patroli tersebut, Sihol Sinaga bersama rekan dan personil Damkar melakukan pemantauan hot spot (titiik api) serta tanda-tanda yang bisa mengakibatkan karlahut di kawasan yang rawan kebakaran.

“Kami pantau hot spot serta tanda-tanda lainnya yang bisa mengakibatkan karlahut. Kalau ada, akan ditindak lanjuti secepatnya,” ujar Sihol Sinaga.

Pada kesempatan tersebut, Sihol Sinaga juga mengingatkan kepada warga agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Di samping itu, ia juga mengajak warga untuk bekerja sama dan saling berkoordinasi sebagai wujud peran aktif dalam menjaga kelestarian lahan maupun hutan yang ada dari kebakaran.

“Sebagai wujud nyata peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian lahan maupun hutan, mari tingkatkan kerja sama dan saling koordinasi dengan tidak membakarnya serta segera melaporkan kepada Babinsa ataupun instansi terkait lainnya jika menemukan tanda-tanda yang bisa mengakibatkan karlahut. Mudah-mudahan dengan kerja sama dan koordinasi yang baik, kawasan bebas karlahut dapat tercipta,” pungkasnya.