Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

BENGKALIS

DPPA Kabupaten Bengkalis Sosialisasikan PATBM

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Kabupaten Bengkalis melaksanakan sosialisasi tentang Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang dilangsungkan di Ruang Pertemuan Kantor Camat Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis pada Rabu, 23 Maret 2022.

Sosialisasi dibuka oleh Camat Bandar Laksamana, Acil Esyno dengan narasumber berasal dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau.

“Sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan yang kami lakukan di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Bengkalis,” ujar Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Kelembagaan Tumbuh Kembang Anak, DP3AP2KB Provinsi Riau, Santi di dampingi rekannya Dessy Rahmawati, S.Psi.

Ia menjelaskan bahwa PATBM merupakan sebuah jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinir untuk mencapai tujuan perlindungan anak.

“PATBM adalah inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak dalam melakukan upaya-upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat untuk memahami, bersikap dan berprilaku yang memberikan perlindungan kepada anak,” terangnya.

Santi juga menjelaskan bahwa masyarakat mempunyai peran penting dalam perlindungan anak, dengan memberikan informasi dan edukasi mengenai hak anak serta peraturan perundang-undangan tentang anak dan lain sebagainya.

“Segera laporkan kepada pihak berwenang kalau menemukan pelanggaran hak anak, pelecehan seksual maupun kekerasan terhadap anak yang lainnya,” ujarnya.

Sementara itu Camat Bandar Laksamana, Acil Esyno, SSTP, M.Si mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kegiatan tersebut.

Menurutnya, anak merupakan sosok yang harus dibina baik secara mental maupun fisik agar tumbuh dan berkembang secara baik.

“Mental dan fisik anak harus kita persiapkan pertumbuhannya secara baik. Secara psikis, mentalnya tidak boleh terganggu dari ancaman maupun tekanan, baik dari orang tua maupun pihak luar. Begitu juga perkembangan fisiknya,” ujar Acil Esyno dalam sambutannya.

Acil Esyno juga menjelaskan bahwa PATBM di Kecamatan Bandar Laksamana sudah terbentuk di seluruh desa yang ada.

“PATBM di setiap desa sudah terbentuk dan di SK-kan oleh kepala desa. Pelaksanaannya dibantu oleh Ketua PKK desa, bidan desa serta tokoh-tokoh masyarakat. Maka itu ia berharap semoga PATBM yang sudah terbentuk dapat berjalan maksimal sehingga perlindungan bagi anak-anak dapat berjalan maksimal,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi Perlindungan Anak DPPPA Kabupaten Bengkalis, Dewi Humaira beserta staf, Jajaran UPT Puskesmas Tenggayun, sejumlah kepala desa di Kecamatan Bandar Laksamana serta sejumlah undangan lainnya. (juny)