Rabu | 25 Mei 2022 |
×

Pencarian

RIAU

Bersama MPA, Koramil Sabak Auh Patroli Pencegahan Karlahut

MEDIAKEPRI.CO.ID, Siak – Koramil 06/Pwk Sabak Auh, Kodim 0322/Siak, melaksanakan patroli pencegahan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Wilayah Desa Bandar Sungai, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Minggu, 10 April 2022.

“Kami lakukan patroli di kawasan lahan dan hutan yang rawan terbakar. Tujuannya untuk mengantisipasi karlahut,” ujar Babinsa Bandar Sungai, Koptu M. Khadafi.

M. Khadafi mengatakan, bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) setempat, dirinya melakukan pemantauan terhadap kemungkinan adanya titik api di kawasan lahan dan hutan yang ada.

Selain itu, M. Khadafi juga mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut, dirinya memberikan pemahaman kepada warga tentang bahaya membakar lahan dan hutan serta sanksi hukum yang menyertainya.

Maka itu, ia berharap agar warga tidak membakar lahan dan hutan karena hutan merupakan ruang terbuka hijau yang harus dijaga kelestariannya. Selain itu, hutan juga merupakan paru-paru dunia yang mempunyai peran penting bagi kehidupan manusia.

“Jangan bakar lahan dan hutan, apalagi lahan Gambut. Segera laporkan jika menemukan titik api atau pihak-pihak yang membakar lahan dan hutan agar dapat segera ditindak lanjuti,” tegasnya.

Mudah-mudahan dengan kerja sama dan koordinasi yang baik, karlahut dapat diantisipasi dengan maksimal.

Pelaksanaan kegiatan berjalan tertib dan lancar. Selama patroli berlangsung, keadaan lahan dan hutan aman dan kondusif.