Kamis | 19 Mei 2022 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Ciptakan Rasa Aman Selama Ramadhan, Ditsamapta Polda Riau Giat Samapta Mengaji dan Jumat Patroli Mesjid

MEDIAKEPRI.CO.ID, Pekanbaru – Sebagai upaya menciptakan rasa aman selama Bulan Suci Ramadhan, Ditsamapta Polda Riau giat Samapta Mengaji dan Jumat Patroli Mesjid.

Hal itu disampaikan Direktur Samapta Polda Riau, Kombes. Pol. Faried Zulkarnain, SIK kepada sejumlah awak media diruang kerjanya, Rabu, 27 April 2022.

Ia menjelaskan, Ditsamapta Polda Riau selama bulan Ramadhan banyak melakukan kegiatan untuk masyarakat diantaranya, Samapta Mengaji (Saji).

“Kita tugaskan anggota Polki dan Polwan turun ke mesjid untuk mengajari anak-anak mengaji pada sore menjelang buka puasa dibimbing oleh Polki yaitu Bripda Luthfi dan Polwan Bripda Khairunnisa secara bergantian yang dibantu oleh anggota dari kesatuan Ditsamapta Polda Riau lainnya. Kegiatan ini sudah berjalan sampai saat ini,” tutur Kombes Faried.

Selain Samapta Mengaji, lebih lanjut Faried mengatakan bahwa ada juga kegiatan Jum’at Patroli Mesjid (Jumpalit).

Kegiatan tersebut yakni para petugas mendatangi mesjid untuk membantu ta’mir membersihkan mesjid, membentang karpet, mengepel lantai serta mempersiapkan segala sesuatu untuk pelaksanaan Shalat Jumat.

Ia menambahkan, bagi Polwan, ditugaskan sebagai pengatur lalu lintas sekaligus memberikan keamanan dan kenyamanan bagi jemaah yang melaksanakan Shalat Jum’at.

“Polwan kita tempatkan disana karena mereka tidak melaksanakan Shalat Jum’at. Jadi bisa menjaga kelancaran lalu lintas terutama saat pelaksanaan atau usai pelaksanaan Shalat Jum’at karena tentunya pada saat itu akan ramai kendaraan yang beresiko menimbulkan kemacetan,” terang Faried didampingi Bripka Dedy A T personil Samapta selaku koordinator kegiatan tersebut.

“Kita laksanakan program ini khusus di Bulan Ramadhan yang penuh berkah. Sebagai upaya meningkatkan ibadah, kita datangkan anggota di sejumlah mesjid untuk melindungi dan melayani masyarakat. Kita hadir di tengah-tengah mereka untuk mendekatkan diri sekaligus meningkatkan sinergi serta memberikan pesan-pesan tentang Kamtibmas kepada masyarakat,” pungkas Faried. (juny)