Rabu | 18 Mei 2022 |
×

Pencarian

RIAU

Koramil Merbau Beri Wawasan Tentang Kampung Pancasila

MEDIAKEPRI.CO.ID, Meranti — Koramil 06/Merbau, Kodim 0303/Bengkalis, memberikan wawasan tentang Kampung Pancasila kepada siswa SMPN 01 Merbau, Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Jumat, 22 April 2022.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Koramil 06/Merbau, Kapten Inf. Junaedi, menjelaskan bahwa membentuk Kampung Pancasila merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan menegakkan kembali nilai-nilai dari Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita berharap, dengan adanya Kampung Pancasila ini dapat menjadikan generasi muda penerus bangsa yang beraneka etnis dan agama tetap hidup rukun dan damai serta tidak terindimidasi oleh paham-paham radikalisme yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkap Danramil dalam sambutannya dihadapan para siswa.

Danramil juga mengatakan bahwa Kampung Pancasila dapat dijadikan media pembelajaran tentang Pancasila oleh semua siswa, sehingga nilai-nilai dari 36 butir Pancasila dapat diimplementasikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, Danramil menjelaskan bahwa keberadaan Kampung Pancasila sangat bernilai strategis dalam upaya memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multi kultur, etnik dan multi agama.

Ia juga menjelaskan bahwa perberdaan suku, agama, adat istiadat dan ras, harus kita jaga dan rawat sesuai dengan peran dan fungsi kita masing-masing dalam menciptakan masyarakat yang rukun, santun, damai dan harmonis dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

“Mudah-mudahan, melalui sosialisasi ini, marwah kehidupan masyarakat terutama para pelajar untuk saling bergotong-royong, saling menjaga, saling membantu, dan bertenggang rasa, akan tetap terjaga sehingga Kebupaten Kepulauan Meranti akan tetap selalu aman dan kondusif,” pungkasnya. (juny)