Selasa | 17 Mei 2022 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Peneliti Membuktikan, Produk Tembakau Tanpa Dibakar Disebut Lebih Rendah Risiko

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Peneliti dari Departemen Kimia Institut Pertanian Bogor (IPB), Mohammad Khotib mengungkapkan, pihaknya telah melakukan riset terhadap produk tembakau yang dipanaskan.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar komponen kimia berbahaya yang dihasilkan dari pemakaian kedua produk tersebut.

Dan ternyata, produk tembakau yang dipanaskan memiliki kandungan kadar zat bahaya lebih rendah daripada rokok.

“Berdasarkan komponen kimianya, maka penggunaan tembakau yang dipanaskan ini akan mengurangi risiko kimia bagi penggunanya. Jauh lebih rendah dibandingkan rokok yang biasa dikonsumsi perokok aktif,” ujarnya dikutip dari tribunnews.com.

Khotib menuturkan, hasil dari penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa nikotin bukanlah komponen paling berbahaya seperti yang dipersepsikan selama ini.

“Semua bahan kimia, kalau baca MSDS, itu berbahaya. Makanya kami sampaikan bahwa produk tembakau yang dipanaskan bukan menghilangkan, tapi mengurangi komponen kimia berbahaya,” tuturnya Senin, 25 April 2022.

Fakta tersebut menjelaskan bahwa bagi yang kesulitan berhenti merokok bisa mencoba dengan cara tersebut.

“Dengan data yang saya dapatkan, kalau ingin mengurangi risiko lebih baik beralih. Tapi, sekali lagi produk ini tidak menghilangkan namun dapat mengurangi bahaya,” tegasnya. (***)